Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ditemukan Cara Baru Penyembuhan Kanker Prostat
Oleh : Redaksi/Mg
Rabu | 18-04-2012 | 09:59 WIB
HY2900-High-Intensity-Focused-Ultrasound.jpg Honda-Batam

Mesin high-intensity focused ultrasound (HIFU). Foto:Hytrade

LONDON, batamtoday - Ilmuwan Inggris menemukan cara baru pengobatan kanker prostat yang diklaim dapat mengurangi efek samping termasuk inkontinensia dan impotensi. 

Dikutip batamtoday dari Jurnal Lancet Oncology, Rabu(18/4/2012), para peneliti dari University College London menggunakan high-intensity focused ultrasound (HIFU) sebagai metode untuk menanggulangi kanker prostat. Ultrasound akan membunuh sel-sel kanker dengan tidak merusak jaringan di sekitarnya.  

"Hasil penelitian kami ini sangat menggembirakan, Kami optimis bahwa pria didiagnosa menderita kanker prostat segera mungkin dapat menjalani prosedur ini, selain aman model pengobatan ini bisa diulang sekali atau dua kali, untuk dan tentunya sangat sedikit efek samping" kata Dr Hashim Ahmed, yang memimpin penelitian di University College London.

Dijelaskanya, selama ini pengobatan kanker prostat dengan terapi tradisional, seperti radioterapi atau operasi, sering menyebabkan kerusakan pada jaringan sehat di sekitarnya. Tidak hanya itu, cara lama juga dapat menyebabkan efek samping yang besar seperti inkontinensia, ereksi tidak cukup untuk melakukan hubungan seksual dan masalah dubur. 

"Dengan HIFU, mereka tidak perlu lagi takut akan efeksamping tersebut," tutur Hasim Ahmed. 

Untuk menguji kemampuan HIFU, para peneliti melibatkan 40 pasien kanker prostat. Dari total tersebut, 36 diantaranya sembuh 100 persen dengan tidak meninggalkan keluhan efeksamping sama sekali.