Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wow, Alkohol Bisa Tingkatkan Pemikiran Kreatif
Oleh : Redaksi/Mg
Sabtu | 14-04-2012 | 10:47 WIB

LONDON, batamtoday - Seseorang yang meminum dua gelas bir sebelum mengerjakan permainan asah otak yang membutuhkan kreatifitas, memiliki performa lebih baik dibandingkan mereka yang normal. Demikian ilmuwan di Inggris menyimpulkan. 

Dikutip dari Dailly Telegraph,Sabtu(14/4/2012), peminum alkohol memiliki kemampuan berfikir kreatif. Meski demikian, sisi analitis dari seorang alkoholic diketahui lebih rendah daripada mereka yang normal.

"Mereka lebih kreatif dan tangkas, namun tidak analitis. Kami berkesimpulan bahwa alkohol hanya mampu memunculkan sisi kreatif peminumnya,sisanya tidak," kata pakar Psikolog dari Universitas of Illionis.

Dalam penelitian tersebut, para ahli meminta kurang lebih 40 relawan untuk diteliti. Mereka diketahui meliki kemampuan otak yang merata. Namun setelah sebagian diberikan dua gelas bir, kemudian disediakan permainan asah otak membutuhkan pemikiran kreatif, ternyata yang mampu menjawab dengan cepat dan tepat adalah mereka yang peminum. 

Sedangkan ketika diberikan pertanyaan yang membutuhkan jawaban analisis, para peminum terlihat kalah dengan mereka yang masih sadar. 

"Mungkin ini berkaitan dengan fokus dari otak manusia, dalam keadaan terpengaruh alkohol, fokus pikiran hanya terpaku pada satu masalah yang lansung terlihat, sehingga pemikiran kreatif muncul, sedangkan mereka yang sadar, masih terbebani dengan masalah-masalah lain baik itu negara, keluarga atau apapun yang membuat pikiran mereka tidak fokus, disinilah letak matinya kemampuan kreatif seseorang," Jennifer Willey, penulis Jurnal Kesadaran dan Kognisi.