Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pala Anambas akan Dilepas untuk Skala Nasional dan Internasional
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 17-09-2019 | 10:40 WIB
pala-biji.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Varietas pala di Kabupaten Kepulauan Anambas telah mendapat sertifikasi lokal sebagai pemasok bibit khusus di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Hanya tinggal selangkah lagi, Anambas akan menjadi pemasok bibit pala dalam skala nasional maupun internasional.

"Untuk saat ini, bibit pala hanya bisa dipasok skala lokal (Kepri) itu setelah didukung adanya sertifikat dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balitro). Tinggal selangkah lagi, pala Anambas sebagai pemasok bibit skala nasional," ujar Effi Sjuhairi, Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan (DPPP) Kabupaten Kepulauan Anambas, Selasa (16/9/2019).

Effi memprediksi, Oktober atau November 2019 tim penilai varitas dari Kementerian Pertanian akan turun untuk melakukan penelitian kembali, dan akan memberikan sertifikat nasional.

"Setelah sertifikat itu diberikan kepada kita, maka dilakukan juga pelepasan secara nasional sebagai tanda varietas pala di Anambas sudah bisa dijual belikan untuk skala nasional maupun internasional," kata Effi.

Effi menyinggung, di Indonesia hanya ada 5 kabupaten yang memproduksi pala, salah satunya yaitu Anambas. "Itulah kekayaan alam yang harus kita jaga dan kita kembangkan," jelasnya.

Effi menyinggung, selain fokus pada bibit, para petani di Desa Tiangau masih aktif untuk menyuling minyak atsiri dari pala untuk digunakan berbagai keperluan. "Yang saat ini lebih banyak yaitu membuat sirup dan menyuling minyak atsiri," ucapnya.

Effi menguraikan sejumlah resort di Kepri seperti Lagoi dan Pulau Bawah sudah melirik sirup pala tersebut. Bahkan Negara Singapura telah meminta pengiriman pala sebanyak 5 ton perbulan.

"Kita optimis dengan banyaknya masyarakat yang menanam pala, akan meningkatkan perekonomian masyarakat itu sendiri," jelasnya.

Editor: Gokli