Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

SEPCO III Electric Power Jajaki Peluang Kerjasama dengan Kadin Batam
Oleh : Nando Sirait
Rabu | 07-08-2019 | 18:19 WIB
sepco-kadin-batam1.jpg Honda-Batam
SEPCOIII Electric Power Construction. Co. Ltd & Qingdao Zhongwang Real estate co.Ltd kunjungi Kadin Batam. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - SEPCOIII Electric Power Construction. Co. Ltd & Qingdao Zhongwang Real estate co.Ltd bersama perwakilan kedutaan besar Indonesia di Beijing melakukan kunjungan ke Kadin Batam. Kunjungan tersebut dalam rangka mencari informasi mengenai peluang bisnis yang ada di Kota Batam.

Ketua Kadin Batam, Jadi Rajagukguk mengatakan dari pertemuan yang terjadi, setidaknya ada tiga bidang usaha yang menarik minat calon investor asing tersebut.

"Mereka datang kemari sedang mencari peluang bisnis yang ada di Batam. Kalau di Cina hampir semua perusahaan pendanaannyakan disupport oleh pemerintahnya. Jadi mungkin mereka punya modal usaha yang bisa dikembangkan atau diinvestasikan di sini. Tadi mereka tanya apa saja sih yang bisa dijalankan di sini," ujar Jadi Rajagukguk, Rabu (7/8/2019).

Jadi Rajagukguk pun memberikan gambaran beberapa industri atau bidang usaha yang sedang dikembangkan di Batam. Di antaranya, pengembangan industri terbarukan melalui pengelolaan sampah, pembangunan airport, pembangunan seaport, dan bidang konstruksi.

"Sejauh pertemuan tadi sih, mereka tertarik bekerjasama dengan Kadin Batam. Tapi ini masih dalam lingkup makro ya. Nanti mereka akan tunjuk company nya yang bisa masuk kemari, dan kami juga bisa arahkan mereka harus ke perusahaan mana yang ada di sini. Ada tiga bidang yang tadi cocok buat mereka investasi, pengembangan pelabuhan, konstruksi dan pengelolaan sampah energi terbarukan," tuturnya.

Tidak sampai di sana, Jadi Rajagukguk menyatakan pihaknya juga akan melakukan kunjungan balasan. Ia mengatakan Kadin Batam juga akan membawa beberapa perusahaan di Batam yang mungkin tertarik bekerjasama dengan perusahaan asing tersebut.

"Setelah pertemuan hari ini, kami internal akan berkumpul lagi. Kadin Batam akan tanyakan dululah sama pengusaha lokal yang ada kira-kira berminat apa tidak. Nanti kalau memang ada yang minat, baru kami bawa di kunjungan balasan," ucapnya.

Jadi Rajagukguk menyebutkan jika kerjasama terealisasi, kemungkinan nilai investasi yang bisa dikembangkan di Batam di atas triliunan.

"Kalau memang mereka jadi berinvestasi di sini, nilainya mungkin bisa mencapai triliunan. Ya kita lihat saja seperti bidang pengelolaan sampah itukan estimasi nilai investasinya sekitar Rp 1,5 triliun. Apalagi kalau kita lihat dari perusahaannya memang besar juga. Nanti kita coba tawarkan bidang yang paling jadi prioritas lah," katanya.

Editor: Yudha