Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Business Forum HKI ke-20 di Bintan, Isdianto Titip Harapan Kelangsungan Industri Bintan
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 25-07-2019 | 18:16 WIB
rakernas-hki1.jpg Honda-Batam
Bussiness forum dan Rakernas XX Himpunan Kawasan Industri (HKI) Indonesia. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Hadiri kegiatan bussiness forum dan Rakernas XX Himpunan Kawasan Industri (HKI) Indonesia, Plt Gubernur Kepulauan Riau Isdianto berharap ada komitmen positif terhadap pertumbuhan perekonomian di Provinsi Kepri, khususnya Bintan.

"Semoga akan ada terobosan-terobosan baru yang bisa mendongkrak industri di Kepri. Jika industri hidup, maka geliat perekokomian akan tumbuh," kata Isdianto saat membuka Bussiness forum dan Rakernas XX Himpunan Kawasan Industri (HKI) Indonesia di Hotel Bintan Lagoon Resort, Lagoi, Kabupaten Bintan, Kamis (25/7/2019).

Kepulauan Riau ujar Isdianto, dengan luas laut 96 persen dan jumlah 2.408 pulau dan hanya 4 persen daratan didukung dengan PAD yang cenderung kecil.

Sementara pembangunan harus terus dilakukan dengan kondisi harus menyeberangi lautan serta biaya yang tidak sedikit. Oleh karenanya butuh peran serta pihak swasta untuk mempercepat pembabgunan di Kepri.

"Oleh karena itu, melalui Rakernas HKI ini, kita berharap akan ada komitmen yang pro rakyat. Sehingga pembangunan bisa lebih cepat karena tidak hanya mengandalkan APBD saja. Konsep bank tanah dalam pengembangan industri ini adalah konsep yg baik. Dan memang industri sering terbentur dengan masalah pembebasan lahan. Dari kegiatan ini semoga segera ada solusinya," terang Isdianto.

Sementara Dirjen Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian Ir. Dody Rahadi MT yang juga hadir pada kesempatan itu mengharapkan, perindustrian di seluruh Indonesia berjalan dengan sehat produktif, termasuk industri yang ada di Kepri khususnya di Pulau Bintan.

"Semoga dari Rakernas ini betul-betul bisa menghasilkan program HKI yang bisa mendobgkrak dunia industri di tanah air. Termasuk di Kepulauan Riau," kata Dody.

Pembukaan business forum dan Rakernas XX HKI ini ditandai dengan pemukulan gong dan saling tukar cinderamata.

Adapun tema pembahasan yang diangkat dalam business forum dan Rakornas HKI ke-20 ini adalah 'Konsep Bank Tanah dalam Pengembangan Kawasan Industri'. Kegiatan ini sekaligus bentuk peringatan hari jadi HKI ke-32.

Adapun rangkaian kegiatan business forum dan Rakernas XX HKI ini terdiri dari melakukan kunjungan ke kawasan industi Galang Batang, welcome dinner, golf turnamen antar anggota HKI, tour wisata, tinjau kawasan industri Bintan dan syukuran 31 tahun HKI.

Selanjutnya para peserta Rakor akan menyeberang ke Singapura untuk melakukan kunjungan yang masulih berkaitan dengan program kerja HKI.

Kegiatan ini, juga dihadiri pejabat pusat lainnya seperti Dirjen Penanganan Sengketa Kemnterian ATR/BPN RB Agus Wijayanto, Wakil ketua komisi II DPR RI Herman Khairon dan Ketua Umum HKI Sani Iskandar, serta, para pelaku usaha dan industri dari seluruh Kepulauan Riau.

Editor: Yudha