Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dubes RI Untuk Romania Ajak Kepri Ikut Indonesian Festival 2019
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 22-07-2019 | 17:04 WIB
isdianto-rumania1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Plt. Gubernur Kepri, Isdiantor besama Dubes RI untuk Romania M. Amhar Azeth. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Bertemu dengan Plt. Gubernur Kepri, Dubes RI untuk Romania M. Amhar Azeth mengajak pemerintah Provinsi Kepri ikut serta berpartisipasi dalam Event Indonesian Festival 2019, yang dilaksanakan kedutaan besar Indonesia di Romania.

Hal itu dikatakan M.Amhar Azeth ketika melakukan pertemuan dengan Plt.Gubernur Kepri Isdianto di ruang kerjanya, kantor Gubernur, lantai 4 Pulau Dompak, Tanjungpinang, Senin (22/7/2019).

M.Amhar Azeth mengatakan, tujuan kedatangannya ke Kepri adalah untuk menyampaikan pada bulan September mendatang akan digelar Indonesian Festival 2019 di Romania dan Republik Moldova. Salah satu prioritas pelaksanaan program diplomasi ekonomi KBRI Bucharest itu adalah, untuk melakukan upaya peningkatan kerjasama perdagangan, investasi, pariwisata dan insdustri dan kegiatan ini diharapkan menjadi ajang promosi untuk Indonesia.

"Kami mengundang Kepri untuk hadir, dan selain Kepri empat Provinsi lain di Sumatera, menyatakan ikut andil dalam menonjolkan bidang pedagangan, promosi budaya-pariwisata dan investasi. Keempat Provinsi tersebut adalah Aceh, Sumatera Selatan, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau,"ujarnya.

Dindangnya Kepri ikut dalam festival tersebut, kata M.Amhar, didasari beberapa pertimbangan, yang antara lain secara Nasional Kepri unggul dalam hasil ikannya, Kepri memiliki sumber destinasi wisata yang melimpah serta merupakan daerah yang tepat untuk berinvestasi.

"Jika bapak berkenan mohon dikirimkan OPD terkait yang membahas tentang investasi," lanjutnya.

Pada kegiatan itu nantinya, lanjut Amhar akan disediakan stand-stand untuk pameran dagang (promosi produk unggulan daerah di sektor pertanian, perkembunan, pertambangan, perikanan, kain tradisional furniture dan lainnya) pagelaran seni dan budaya promosi pariwisata, promosi kuliner, peragaan busana dan dialog bisnis.

Menanggapi hal tersebut, Plt Gubernur H Isdianto mengatakan, sangat menyambut baik undangan tersebut, dan potensi yang dimiliki oleh Kepulauan Riau dibidang Pariwisata, Perikanan dan Pertanian jika terus dikembangkan secara konsisten akan banyak memberikan manfaat yang positif.

"Sinergitas dan komitmen semua pihak terkait sangat penting dalam upaya meninangkatkan potensi yang dimilki Kepri," kata Isdianto.

Inti lanjut mantan wakil Gubernur ini, segala sesuatu dilakukan agar Kepri semakin dikenal, tentu dengan itu maka semakin banyak pula orang yang datang berkunjung dan dengan itu roda ekonomi akan semakin baik.

Namun menurut Isdianto, banyak hal yang masih perlu untuk terus di tingkatkan, dalam memuluskan jalan menuju akses pariwisata misalnya, infrastuktur di Kepri dinilai Isdianto masih belum sepenuhnya mendukung.

"Ini menjadi perhatian kita, Pemerintah Daerah dengan keterbatasan anggaran juga terus menggesa Pemerintah Pusat agar ikut bersama membangun berbagai proyek startegis salah satunya infrastruktur," tambah Isdianto.

Berbicara tentang pariwisata, Isdianto optimis bahwa Kepri yang saat ini menjadi penyumbang devisa terbesar ketiga secara nasional jika ke depan dapat lebih serius di tingkatkan tentu akan mendapatkan predikat pertama secara nasional.

Editor: Yudha