PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disparbud Tanjungpinang Dorong Perkembangan Wisata Home Stay Berkarakter Melayu
Oleh : Roland Aritonang
Jum\'at | 12-07-2019 | 17:52 WIB
kadisparbud-tpi1.jpg honda-batam
Kepala Kantor Disparbud Kota Tanjungpinang, Surjadi. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Tanjungpinang gencar memberikan pelatihan guna mendorong perkembangan home stay di kawasan-kawan wisata.

Kepala Kantor Disparbud Kota Tanjungpinang, Surjadi mengatakan perkembangan wisata home stay tidak hanya banyak di temukan di Pulau Penyengat, tetapi saat ini pihaknya juga mendorong di wilayah Senggarang dan daerah pelantar.

"Pemilik home stay dalam waktu dekat ini akan diberi pelatihan kepada pemilik home stay. Supaya mereka mengerti menejemennya supaya terus berlanjut dan jangan sampai merugikan," papar Surjadi saat ditemui di kantor Lembaga Adat Melayu (LAM) Tanjungpinang, Jumat (12/7/2019).

Surjadi mengatakan salah satu program IKON 2019 dimana Tanjungpinang satu dari lima kabupaten dan kota yang menjadi peserta IKON dimana salah satu ahli yang turun merupakan ahli desain interior home stay.

"Kami siap membantu dari segi perencanaan desain interiornya dan manajemenya seperti apa," katanya.

Ia menyebutkan bahwa home stay di pulau Penyengat sudah mulai bagus, walau sampai saat ini sudah persial, kedepan supaya dibuat pemahaman bahwa home stay yang dikembangakan di Tanjungpinang miliki karakter lokal yang kuat, supaya memiliki nilai tambah.

"Contohnya teman-teman dapat membuatkan motif khas Tanjungpinang sebagai desain interiornya," katanya.

Menurutnya di tahun 2019 akan membuat berbagai paket wisata, diantarnya, paket wisata bersepeda, membuat tanjak, dan memakai pemakaian baju adat melayu.

"Saat ini sudah tahap uji coba, insyaallah kami launching di bulan Agustus, nantinya di sana nantinya sudah ada tarif harganya untuk setiap paket nya yang berkunjung," ucapnya

Sementara itu pemandu wisata (Tour Guide) juga dibekali dengan pelatihan-pelatihan, dari Disparbud yang bekerjasama dengan angkasa pura akan buat pelatihan.

Editor: Yudha