Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disparbud Batam Rancang Pos Potensial Bentuk Wisata Edukasi
Oleh : Nando Sirait
Rabu | 19-06-2019 | 08:40 WIB
ardiwinata21.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata. (Nando).

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kota Batam, Ardiwinata, mengaku saat ini tengah merancang pos potensial bagi wisatawan, yang dikemas dalam bentuk wisata edukasi.

Ardi menuturkan, adanya ide ini muncul dari pemikiran mengenai masih banyaknya potensi pariwisata di Batam yang dapat dikembangkan.

"Ini dari pemikiran kita. Mungkin di daerah lain sudah ada. Wisata edukasi industri misalnya diberi tempat bisa lihat pekerja buat merokok serentak. Ini kan menarik," paparnya, Rabu (19/6/2019).

Ardi melanjutkan, mengenai wacana pengembangan wisata edukasi di Batam. Saat ini telah membicarakan dengan pihak-pihak terkait seperti tempat pembuatan oleh-oleh khas Batam.

"Kita sudah mulai bicarakan, tapi memang perlu di-breakdown lagi. Potensi pariwisata itu harus punya waktu untuk pengembangannya. Jangan lihat pohon yang ditanam sekarang, tapi lihatlah 10 tahun atau puluhan tahun yang akan datang," lanjutnya.

Begitu juga jika dikaitkan dengan wisata kuliner. Menurut Ardi, akan lebih menarik jika ke depannya, pengunjung yang datang ke suatu tempat bisa diperlihatkan cara memasak suatu makanan.

"Kalau habitnya kan dapur itu tak kelihatan. Ini dikemas, bagaimana cara memasaknya. Jadi yang datang bisa melihat, ternyata begitu cara membuat makanan yang saya makan," ujarnya.

Editor: Chandra