Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Operasi Pasar Murah TPID Batam, Jelang Lebaran Telur dan Daging Laris Manis
Oleh : Hendra Mahyudi
Sabtu | 01-06-2019 | 08:40 WIB
pasar-murah.jpg Honda-Batam
Operasi Pasar Murah di beberapa kecamatan di Batam. (Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam kembali adakan kegiatan Operasi Pasar Murah di beberapa kecamatan.

Fajar Patra, Kasubag SDA Pemko Batam mengatakan, telur dan daging menjadi bahan pokok paling laris manis diminati masyarakat yang hadir.

"Paling cepat habis daging dan telur. Alurnya seperti ini, menjelang puasa kemarin yang laris daging. Pertengahan puasa yang laris mulai kacang, tepung dan telur. Ini menjelang lebaran yakni daging dan telur," ujar Fajar, di lokasi operasi pasar murah depan Komplek Ruko Pemda II, Batuaji," Jumat (30/5/2019).

Fajar menjelaskan, minat masayarakat yang cukup tinggi dalam kegiatan ini karena harga yang ditawarkam cendrung di bawah harga pasar, tepatnya harga awal dari distributor.

"Contohnya daging, sekarang di pasaran Rp 85 ribu sampai Rp 90 ribu perkilogramnya. Kita jual di sini Rp 75 ribu per kilonya. Karena kita di sini yang menjual langsung distributornya," lanjut Fajar.

Selain partisipan langsung dari distributor, ada keikutsertaan badan yang mengurusi tataniaga beras atau Badan Urusan Logistik (Bulog) ikut serta dalam penjual beras, serta Kelompok Tani (Pokta) menjual hasil pangan dan sayuran.

Sementara itu untuk kegiatan pada Jumat kemarin, pada pagi harinya diadakan di dua tempat. Selain Kecamatan Batuaji, juga ada di Kecamatan Sekupang di Samping GOR Abdul Jafar, Tiban Indah.

"Sementara itu, untuk siangnya yakni di Kecamatan Sagulung di dekat Sanggar Belajar Batam, Samping Kantor Satpol PP Batam dan di Kecamatan Bengkong di depan kantor Camat Bengkong," terangnya.

Sejauh ini, kegiatan telah diadakan 3 kali, sebelum puasa, pertengahan puasa dan juga sebelum lebaran yang akan segera datang. Dari setiap kegiatan, hampir 30 distributor dan penggiat yang ikut serta selama sekali kegiatan diadakan.

"Bahkah untuk kelompok tani menjual cabe lokal dengan harga di bawah rata-rata. Cabe hijau di sini kita jual Rp 20 ribu, sementara cabe Jogja harga Rp 33 ribu per kilonya kita jual. Sedangkan di pasar sekitaran Rp 40 ribu," papar Fajar.

Sementara itu untuk beras dengan beragam merek, dari kualitas medium hingga premium turut diperjual belikan. Untuk premium harga rata-rata kata Fajar Rp 55 ribu, tidak sampai Rp 60 ribu.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lokasi kegiatan ini, antusiasme masyarakat sangat tinggi karena memang sedari awal panitia, sebelum mengadakan kegiatan telah menghubungi pihak kecamatan, kelurahan dan RT/RW setempat agar menginfokannya ke masayarakat sekitar.

Editor: Chandra