Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Daging Sapi Segar dan Beku Merangkak Naik, Daging Ayam Turun
Oleh : Hendra
Senin | 27-05-2019 | 13:28 WIB
harga_dagiing_sai_ayam.jpg Honda-Batam
Pasar tradisional Fanindo, Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji, Batam ( Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Semakin mendekati lebaran, harga daging sapi segar dan beku terpantau merangkak naik di beberapa pasar tradisional kawasan Kecamatan Batuaji dan Sagulung. Senin (27/5/2019).

Pantauan BATAMTODAY.COM di pasar tradisional Fanindo, Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji, harga daging sapi beku diketahui berkisaran Rp. 88 ribu hingga Rp 90 ribu/kilogramnya.

Sementara harga daging sapi segar berada di angka, Rp. 130 ribu per-kilo,dan di mana sebelumnya, tiga hari lalu kisaran harganya masih Rp. 120 Rp/kilogram.

Kenaikan harga ini dikatakan pedagang di pasar tidak diketahui penyebabnya, dan bankan tidak ada penjelasan resmi juga dari distributor atau suplier tempat mereka biasa membeli.

Sementara itu, Agus seorang pedagang mengatakan daging sapi segar yang dia jual di pasar Fanindo dikirim langsung dari pulau Jawa, kendati begitu sebagian ada yang diternak juga di kawasan Seitemiang, Sekupang.

"Harga antara satu ternak sapi dengan yang lainnya berbeda, tegantung pada kualitas daging ternak tersebut. Proses pemotongan juga sesuai dengan aturan dari Pemko Batam di Rumah Potong Hewan (RPH) dan Rumah Potong Unggas (RPU). Kemudian, daging tersebut dibagi melalui pasar Pujabahari, Lubukbaja yang didistribusikan ke berbagai pasar tradisional di Batam," ujarnya.

Hal lainnya, untuk harga daging di pasar Aviari, Batuaji. Kenaikan yang sama juga terjadi sepekan lalu, harga daging sapi beku yang sebelumnya masih normal Rp 80 ribu/kilogram, mulai naik dengan kisaran harga antara Rp 88 hingga Rp 90 ribu, untuk daging sapi di sini sebagian pedagang mengatakan diimpor langsung dari Australia.

"Ini saya jual Rp 90 ribu per Kg, paling pembeli nawar dikasih Rp 88 ribu dan beli setengah kilo saja. Harga dari suplier atau pemasok juga pas saja, karena harga daging impor ," jelas Asep, pedagang di Aviari

Sementara itu di pasar tradisional SP Plaza, Hernas pedagang daging menyatakan kenaikan harga daging sapi beku sudah 4 hari terakhir, dengan harga beli ke suplies Rp 85 ribu/kilgram.

Editor: Surya