Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Minggu Ketiga Ramadhan, Harga Cabai Merah dan Bawang Putih di Batam Melambung Tinggi
Oleh : Hendra Mahyudi
Kamis | 23-05-2019 | 16:28 WIB
cabe-merah-fanindo1.jpg Honda-Batam
Pedagang di Pasar Fanindo Batuaji. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Memasuki minggu ketiga bulan Ramadan, harga cabai merah dan bawang putih melambung tinggi.

Data yang diperoleh dari pedangan pasar Fanindo Batuaji pada Kamis (23/5/2019) menyebutkan harga komoditas cabai merah dan bawang putih mengalami kenaikan.

"Bawang putih biasa Rp 70 ribu per karung yang berisi 6 kg, sekarang saya beli ke suplier seharga Rp 105/ karungnya," ujar Nurniati, seorang pedagang di pasar Fanindo.

Karena harga yang cukup tinggi tersebut, umumnya pedagang di Pasar Fanindo menjual bawang putih dengan harga Rp 4.000 per ons, untuk seperempat dibanderol dengan harga Rp 9.000 dan Rp 34.000 per kilogram. Padahal sebelumnya harga per kilogram berkisaran Rp 30 ribu sampai Rp 40 ribu.

"Peningkatan harga berawal karena dari suplier harganya juga naik," ungkapnya.

Saat ditanyaan apakah ada alasan tertentu kenaikan harga bawang putih tersebut, banyak yang mengatakan karena stoknya yang lagi kosong, dan beberapa ada pula yang mengatakan mungkin ditimbun sebelum meningkatnya kebutuhan menjelang lebaran.

Sementara itu untuk harga cabai merah di Pasar Fanindo saat ini dijual rata-rata Rp 8000 per ons, yang mana sebelumnya diharga Rp 5000 per ons.

"Untuk harga per kilogram sekarang Rp 45 ribu, dimana sebelumnya Rp 38 ribu," terang Haryo pedagang lainnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kota Batam, Gustian Riau mengatakan belum mengetahui kenaikan harga tersebut. Pihaknya segera turun ke pasar-pasar untuk mencari tahunya.

"Untuk harga seharusnya sesuai harga eceran tertinggi (HET), tapi ini kita belum mengetahui, segera kita akan turun ke lapangan," ujarnya singkat.

Editor: Yudha