Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wings Air Buka Rute Penerbangan Karimun-Batam
Oleh : Wandy
Senin | 20-05-2019 | 15:52 WIB
kepala-bandara-RHA1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Raja Haji Abdullah (RHA) Fanani Zuhri. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Maskapai penerbangan Wings Air membuka rute penerbangan komersial dari Batam-Tanjungbalai Karimun PP. Dimana maskapai naungan Lion Group itu akan mulai terbang pada 30 Mei 2019 mendatang.

Dengan melalui proses yang panjang sejak 2017 lalu, akhirnya pihak Bandara RHA mendapatkan sinyal baik dari pihak maskapai wings air pada Kamis (16/5/2019) lalu, dengan merespon pengajuan yang dilakukan pihak bandara.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Raja Haji Abdullah (RHA) Fanani Zuhri mengatakan, hal tersebut diketahui setelah diadakannya pertemuan dengan jajaran Direksi Lion Group. Dan dalam pertemuan tersebut juga langsung diputuskan pada Kamis (23/5/2019) mendatang akan dilakukan Proving flight.

"Dengan proses yang begitu panjang, alhamdulilah setelah pertemuan itu langsung diputuskan oleh pihak Wings Air akan masuk ke Karimun pada Kamis besok. Dan dijadwalkan terbang perdana pada 30 Mei 2019 mendatang," kata Fanani saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin (20/5/2019) siang.

Dijelaskan Fanani, bahwa dilakukan proving flight bertujuan untuk menguji kelayakan bandara serta memastikan prosedur tetap pada saat penerbangan dan pendaratan nantinya.

"Jika dalam proving flight tersebut dinilai baik maka dipastikan 30 mei mendatang Wing Air akan memulai terbang perdana dengan tujuan Karimun-Batam dan akan melayani setiap harinya," ujarnya

Diketahui Wings Air merupakan jenis Avions de Transport Ragional (ATR) 72 seri 600 dengan kapasitas penumpang sebanyak 72 orang. Dimana jadwal keberangkatan direncanakan dilakukan pada pukul 08.45 WIB dari Batam menuju Karimun 09.10 WIB. Sementara dari Karimun ke Batam berangkat pukul 09.40 WIB tiba pukul 10.15 WIB.

"Namun untuk harga kita belum bisa memastikan. Sebab berdasarkan Permenhub nomor 106 tahun 2019 untuk batas tertinggi rute Batam-Karimun dibandroll harga Rp289 ribu, sementara batas terendah Rp110 ribu dan itu belum termasuk biaya airport tax dan bagasi. Maka kita masih menunggu," kata Fanani.

Menurut dia, pihak bandara RHA sudah sangat siapa dalam menyambut masuknya maskapai Wings Air. Dimana Bandara RHA juga telah diverifikasi oleh Kementerian Perhubungan dan layak melayani pesawat tipe ATR 72.

"Kita juga telah melakukan rapat untuk mempersiapkan personil. Maka untuk bandara RHA dipastikan sudah siap untuk melayani penerbangan maskapai wings air. Dan tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan rute penerbangan ke daerah lain seperti Tanjungpinang," katanya.

Dimana menurut Kepala Kantor UPBU RHA itu, potensi penumpang rute Karimun Batam sangatlah tinggi, menginggat penyuplai penerbangan di Batam itu banyak berasal daerah Karimun. Ditambah masyarakat Karimun kerap kali sering bepergian ke Batam.

"Kehadiran penerbangan ke Batam ini juga menjadi alternatif disamping angkutan laut. Harapannya, ini akan terus berkembang dan menarik maskapai lainnya untuk masuk ke Karimun," katanya.

Editor: Yudha