Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Puasa, Harga Komoditas Dapur di Anambas Masih Normal
Oleh : Alfredy Silalahi
Jumat | 03-05-2019 | 15:02 WIB
pasar-tarempa12.jpg Honda-Batam
Pasar Tradisional Tarempa. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Harga komoditas dapur di Pasar Tradisional Tarempa masih normal menjelang Bulan Puasa 2019. Dari pengakuan pedagang, ada dua penyebab kenaikan harga komoditas yaitu terbatasnya transportasi dan kenaikan harga dari penyalur di Tanjungpinang.

"Sampai saat ini belum ada kenaikan harga untuk keperluan dapur. Patokan kami hanya dari sisi transportasi dan harga dari penyalur yang di Tanjungpinang. Karena hampir semua barang dikirim dari Tanjungpinang," ucap Masdina salah satu pedagang di Pasar Tradisional Tarempa, Jumat (3/5/2019).

Masdina menguraikan untuk harga cabai rawit masih sekitar Rp 60ribu hingga 80ribu perkilogram, cabai merah sekitar Rp 60ribu perkilogram, bawang putih Rp 40ribu perkilogram, bawang merah Rp 38-40ribu perkilogram, tomat Rp 30 - 50 ribu per kilogram.

"Untuk sayur-sayuran juga masih normal Rp 5ribu seikat, kalau kentang dan wortel dikisaran Rp 30ribu perkilogram," ucapnya.

Sedangkan salah satu pedagang daging, Rahmat juga mengakui belum ada kenaikan harga daging ayam dan sapi menjelang puasa.

"Belum ada naik, ayam masih sekitar Rp 48ribu perkilogram, daging sapi juga Rp 150ribu perkilogram. Mungkin kenaikan bisa terjadi menjelang lebaran. Itu sudah langganan," jelasnya.

Sementara, salah satu konsumen, Rina tidak berharap banyak, hanya ketersedian barang agar tetap terjaga.

"Kalau kenaikan harga sudah biasa kalau di pasar. Yang penting barangnya ada, jangan sampai kosong," ucapnya singkat.

Editor: Yudha