Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Begini Modus Pelaku Membobol Mesin ATM BNI hingga Ratusan Juta Rupiah
Oleh : Hadli
Selasa | 09-04-2019 | 12:52 WIB
pelaku-pembobol-atm.jpg Honda-Batam
Lima pelaku pembobolan mesin ATM di wilayah Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Modus para pelaku pembobolan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) Bank BNI yang berhasil dibekuk, dengan cara mematikan sekring listrik.

"Kelima pelaku yang diamankan terlibat pembobolan ATM di Batam dengan modus mematikan skering listrik," kata Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol S Erlangga, Selasa (9/4/2019).

Dijelaskan Akpol 1990 ini, peristiwa tindak kejahatan ini terungkap setelah adanya petugas ATM yang melaporan ke Polresta Barelang. Pelapor yang melakukan aktivitas rutin pengambilan uang di kotak uang atau brangkas ATM BNI di berbagai lokasi.

"Pelapor mendapati selisih uang keluar dengan catatan (print) uang tersebut, sehingga saldo di dalam kotak uang telah berkurang," ujarnya.

Pelapor, lanjut Erlangga, mengecek dari CCTv bahwa ada orang lain yang melakukan penarikan uang dengan tidak wajar dengan cara mematikan mesin dengan menggunakan Remote Control sehingga mesin mati dan uang keluar namun saldo dari terlapor tidak berkurang.

"Diketahui, ATM yang dibobol terjadi di lokasi di pasar Botania 2, SPBU Nongsa, Top 100 Tembesi 2 dan kampus Unrika 2 Kota Batam. Setelah dilihat dari CCTv pelaku ada berjumlah 4 (empat) orang yang melakukan hal tersebut, 1 orang lagi berada di luar," jelasnya.

Kelima pelaku yang berhasil diringkus yakni, Marya Ulfa (26), Ilham (28), Melki Septian alias Tion (27), Parlin alias Boy (34).

Barang bukti yang berhasil diamankan dari pelaku diantaranya 1 buah buku rek BNI an Julia Fitriani dan kartu ATM, 1 buah buku rek BRI an Maria Ulfa dan kartu ATM, 1 buah buku rek BRI an Afri Yani dan kartu ATM, 1 buah buku rek BCA an Jimmi Situmorang dan kartu ATM, 1 buah buku rek Mandiri an Jimmi Sitimorang dan kartu ATM, 1 unit HP samsung A7, 1 unit Colok Listrik Wireless dan 1 unit Remot Wireles.

Seperti berita sebelumnya, Tim Macan Satreskrim Polresta Barelang ternyata telah mengamankan 5 orang pelaku pembobolan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) Bang BNI.

Kasat Reskrim Polresta Barelang, AKP Andri Kurniawan, mengatakan, penangkapan dua pelaku di Tanggamus, Lampung, merupakan pengembangan dari penangkapan tiga orang di Batam.

"Jumlah pelaku yang diamankan sudah lima orang. Sebelum penangkapan di Lampung, sudah diamankan tiga orang pelaku yang turut serta dalam melakukan aksi tersebut," ujar Andri, Senin (8/4/2019).

Dua dari lima pelaku merupakan perempuan itu, bernama Afriani (25) dan Maria Ulfa (26). Mereka, diamankan di Batam bersama satu pelaku lainnya yang merupakan laki-laki, bernama Ilham (30).

Editor: Chandra