PKP

Buka STQ di Anambas, Nurdin Tekankan Generasi Muda Mampu Bentengi Diri Melalui Agama
Oleh : Fredy Silalalhi
Jumat | 15-03-2019 | 11:23 WIB
nurdin-anambas.gif honda-batam
Nurdin saat memberikan sambutan pada pembukaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-VI Tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas. (Foto: Fredy).

BATAMTODAY.COM, Anambas - Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun membuka Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-VI Tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas secara resmi dengan memukul bedug.

Menurutnya, acara keagamaan yang rutin dilaksanakan tersebut akan menjadi benteng bagi generasi penerus agar terhindar dari dampak globalisasi dan pergeseran budaya.

STQ ini, merupakan kegiatan rutinitas di setiap daerah. Tujuannya untuk meningkatkan iman dan akhlak generasi penerus.

"Saya yakin, kalau generasi penerus hafal Alquran, bisa membentengi diri dari pergeseran budaya dan dampak globalisasi. Tidak hanya Islam saja, semua agama harus meningkatkan iman," ujar Nurdin Basirun saat berpidato dalam pembukaan STQ di Lapangan Sulaiman Abdullah Tarempa, Kecamatan Siantan, Kamis (14/3/2019) malam.

Nurdin mengaku bangga pada generasi penerus di Kepri. Pasalnya, melalui STQ maupun MTQ, Kepri mampu meraih peringkat di tingkat Nasional. Dan istimewanya lagi, putra-putri Kepri juga turut mewakili Indonesia di tingkat Internasional.

"Bagi saya STQ maupun MTQ memiliki keistimewaan bagi Kepri. Salah satunya masyarakat antusias memeriahkan kegiatan itu. Kemudian dari bidang prestasi, dimana perwakilan Kepri yang ikut di tingkat Nasional mampu meraih posisi ke tiga. Dan ada juga anak pulau yang ikut bertanding di Irak dan Iran. Mudah-mudahan di masa yang akan datang kontribusi masyarakat Kepri di bidang agama semakin tinggi," ucapnya.

Sementara, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris berharap STQ mampu menjadi wadah bagi generasi penerus untuk membentuk karakter dan akhlak.

"Untuk menghadapi derasnya globalisasi, kita harus mendorong dan memotivasi generasi penerus untuk meningkatkan semangat membaca dan memahami Alquran," ujarnya.

Sedangkan Ketua Pelaksana STQ, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Asisten III, Chatarina menyampaikan bahwa tujuan STQ untuk membangun karakter generasi penerus dengan pemahaman agama.

"Kemudian melalui STQ ini juga kita bisa mendapatkan qori dan qoriah untuk mewakili Anambas pada STQ tingkat Provinsi Kepri," terangnya seraya menguraikan peserta STQ terdiri dri 54 peserta yang merupakan perwakilan dari 7 Kecamatan di Anambas.

Editor: Chandra