Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Selain Plat Baja Senilai 4,4 M, Material Lain Sisa Jembatan I Dompak Juga Lesap
Oleh : Ismail
Jum\'at | 24-08-2018 | 11:40 WIB
baja-dompak1.jpg Honda-Batam
Jembatan I Dompak Tanjungpinang. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tak hanya plat baja saja yang raib dari Jembatan I Dompak. Sejumlah material lainnya sisa pembangunan jembatan tersebut juga ikut lesap. Diketahui, ada puluhan batang pipa bekas tiang pancang jembatan juga menghilang dari lokasi raib plat baja tersebut.

Salah seorang warga Pulau Dompak yang enggan namanya disebutkan mengungkapkan, para oknum yang mengambil ratusan plat baja senilai Rp 4,4 miliar itu juga turut membawa puluhan batang pipa baja sisa pembangunan Jembatan I Dompak.

"Di lokasi Jembatan I Dompak itu, bukan hanya plat besi baja yang raib, namun ada puluhan batang pipa baja dengan ukuran besar yang raib dan diduga di jual oknum tersebut," katanya, Jumat (24/8/2018).

Dikatakannya, kejadian itu bukan hanya diketahui dirinya saja. Bahkan, masyarakat yang bermukim di kawasan itu juga mengetahui oknum-oknum yang mengambil aset Pemerintah Provinsi Kepri tersebut. Namun, untuk melancarkan aksinya oara oknum yang melakukan pembersihan lokasi itu menjanjikan akan memberikan bantuan kepada masyarakat.

Tapi, kenyataannya hingga barang-barang dilokasi Jembatan I Dompak itu sudah bersih, apa yang dijanjikan oleh oknum yang melakukan pembersihan besi baja itu hingga saat ini tidak ada bukti bantuannya.

"Masyarakat justru taunya perkembangan ini setelah sudah ribut-ribut dan menjadi perhatian pemerintah dan pihak berwajib," terangnya lagi.

Sementara itu, hal ini bahkan juga dibenarkan oleh salah satu pejabat di PUPR Provinsi Kepri. Ia yang juga enggan namanya disebutkan mengakui, kebenaran barang bekas pembangunan Jembatan I Dompak, bukan hanya plat baja, tetapi ada juga selongsong pipa baja yang ikut raib.

"Kita pastikan yang hilang itu bukan hanya plat baja, tetapi pipa baja bekas dengan kukuran cukup besar juga hilang," katanya.

Ia menyebutkan, apabila nantinya dipanggil pihak kepolisian dirnya akan membeberkannya apa saja material yang ada di Jembatan I Dompak itu yang hilang.

"Saya akan beberkan kalau pihak kepolisian nantinya meminta keterangan dari saya. Kalau di BAP, ya saya akan paparkan semuannya," tegasnya lagi.

Editor: Dardani