Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi Butuh Kerja Keras Ungkap Penyelundupan TKI Ilegal di Nongsa
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 03-05-2018 | 12:28 WIB
tki-ilegal-71.jpg Honda-Batam
Inilah puluhan TKI ilegal yang berhasil diselamatkan Polisi di Pantai Bale-bale, Kecamatan Nongsa, Batam. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Aktivitas penyelundupan TKI ilegal yang berhasil diungkap Tim Macan Barelang, gabungan dari Unit Buser dan PPA Satreskrim Polresta Barelang, terbilang tertata cukup rapi.

Bahkan, untuk melakukan pengungkapan itu, dibutuhkan waktu pembuktian dengan pengintai selama satu minggu terakhir. Sebab, mereka juga memiliki informan yang membuat tim kewalahan.

Keseriusan petugas untuk melakukan pengungkapan kasus ini tak kenal menyerah. Sehingga, kerja keras dengan bekal informasi yang dimiliki, upaya pengungkapan menemui titik terang.

Sesuai informaai yang didapat, awalnya petugas berhasil mengamankan dua orang yang mencurigakan di bibir Pantai Kampung Klembak Nongsa, Rabu (2/5/2018) malam sekitar pukul 22.40 WIB.

Dari interogasi awal yang dilakukan, mereka mengakui sebagai sopir penjemput para TKI ilegal yang akan datang dari Malaysia. Kemudian kembali dilakukan pengembangan.

Alhasil, pada Kamis (3/5/2018) subuh, sekitar pukul 04.00 WIB, kapal yang mengangkut sebanyak 71 orang TKI ilegal tiba di Pantai Bale-Bale, Kampung Tua Bakau Serip, Kecamatan Nongsa.

Tim yang sudah standby di lokasi langsung melakukan penyergapan, sehingga tujuh orang yang diduga terlibat sebagai 'pemain' TKI ilegal tersebut berhasil ditangkap.

Kasat Reskrim Polresta Barelang, AKP Andri Kurniawan mengatakan, sejauh ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan baik terhadap para TKI maupun pada 9 terduga pemain.

"Nantinya kita akan lakukan gelar perkara untuk melanjutkan prosesnya pada penyidikan dan penetapan tersangka. Jika hasilnya sudah didapat, akan kita infokan lebih lanjut," katanya singkat.

Sebelumnya, Unit Buser bersama Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polresta Barelang berhasil mengungkap sindikat penyalur TKI ilegal.

Pengungkapan itu, dilakukan saat sindikat tersebut berusaha menurunkan para TKI ilegal di kawasan Pantai Bale-bale, Kamis (3/5/2018) subuh, sekitar pukul 04.00 WIB.

Editor: Gokli