Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Produk Olahan Sampah Kelompok Ini Layaknya Barang Baru, Seperti Apa?
Oleh : Redaksi
Senin | 26-03-2018 | 17:16 WIB
pengrajin_sampah1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Salah satu produk kelompok Ito Bersatu dari Kota Makassar, Sulsel, berupa alas atau baki untuk kelengkapan pesta. Ada juga wadah untuk toples dan botol minuman, berharga Rp75 ribu hingga seratusan ribu rupiah. (Foto: Wahyu Chandra/Mongabay Indonesia)

BAGI sebagian orang, limbah plastik berupa kertas dan karton adalah sampah yang harus disingkirkan. Tapi sebagian lain melihatnya bernilai ekonomis, dijual secara kiloan, meski dengan harga lebih murah.

Lain lagi bagi anggota kelompok 'Ito Bersatu', nilai limbah-limbah tersebut bisa jauh lebih berharga. Melalui pengolahan secara kreatif, nilai sampah-sampah ini jauh dari nilai aslinya.

Kelompok Ito Bersatu adalah kelompok bentukan program pemberdayaan masyarakat pesisir (Coastal Community Development Project-International Fund Agriculture Development/CCDP-IFAD) yang khusus pada Pengelolaan Sumber Daya Alam (PSDA) di Kota Makassar, Sulsel, tepatnya di Kelurahan Kampung Buyang, Kecamatan Tamalate.

Kelompok Ito Bersatu dibentuk pada Agustus 2015, dengan beranggotakan 10 orang warga setempat. "Seluruh anggotanya adalah orang-orang yang kita anggap memiliki kepedulian terhadap lingkungan, dan itu bisa dilihat dari aktivitas mereka selama ini," ungkap Suryanty, Ketua Kelompok Ito Bersatu, ketika ditemui di rumahnya, Sabtu (10/3/2018).

Suryanty sendiri adalah penggiat daur ulang sampah sejak lama, yang telah menjadikan usaha ini sebagai sumber penghasilan, selain usaha menjahit.

Ia banyak membuat kerajinan tangan dari sisa kain yang tak terpakai, plastik dan karton-karton. Ia juga terampil membuat aneka ragam sulaman tangan untuk dijadikan tas dan taplak meja. Semua pengetahuan itu diperoleh ketika masih SMA, sebagai kegiatan hobi mengisi waktu luang.

"Dari dulu memang saya hobi kerajinan tangan, sudah menjadi kesenangan tersendiri. Kini lebih semangat lagi mengerjakannya karena bisa menghasilkan uang," tambahnya. Ia bahkan sempat belajar banyak kerajinan tangan dari bahan eceng gondok, meski belum ditekuninya secara serius.

Menurutnya, daur ulang dari limbah plastik lebih mudah karena tidak melalui proses yang rumit, seperti dalam usaha kerajinan berbahan eceng gondok. Bahannya mudah diperoleh di sekitar, seperti sisa botol dan gelas plastik, kantong plastik, bungkus makanan kemasan, kaleng botol minuman, dan lainnya.

Tidak hanya melalui pelatihan, keterampilan Suryanty ini juga diperoleh dari di internet dan Youtube, bergabung dalam komunitas daur ulang di facebook, serta belajar dari teman-temannya. "Saya senang belajar dan kemudian mengajarkannya ke orang lain," tambahnya.

Bantuan CCDP-IFAD berupa beragam peralatan usaha, seperti mesin jahit, semakin memotivasi Suryanti dengan kawan-kawannya.

"Kita sering kumpul-kumpul, bikin beragam macam kerajinan tangan dari limbah plastik dan karton. Ada beberapa anggota yang belum begitu terampil, kita ajari juga. Saling belajar lah."

Bekerja secara kelompok, menurutnya, membuat pekerjaan lebih mudah dan cepat. Pekerjaan yang dulunya memakan waktu tiga hari, bisa diselesaikan sehari saja. Mereka juga bisa berdiskusi tentang masalah-masalah yang terjadi di sekitar mereka.

Tantangannya adalah terkadang sulit mengumpulkan seluruh anggota kelompok secara bersama karena faktor kesibukan.

"Tiap orang kan punya kesibukan dan pekerjaan masing-masing. Saya sendiri bekerja sebagai tukang jahit, kadang banyak kerjaan. Apalagi sekarang baru habis melahirkan. Tinggal pintar-pintarnya kita mencari waktu yang lowong untuk semua," ujarnya.

Menjual produk daur ulang juga butuh pasar tersendiri, karena harganya yang cukup mahal, meski harga itu sebenarnya sebanding dengan proses pengerjaannya yang butuh waktu agak lama.

Suryanty memperlihatkan sejumlah produk kerajinan tangan hasil karya anggota kelompok. Ada aksesoris pembungkus toples kue, taplak meja dan tas jinjing. Ada juga beraneka jenis gelang dan bros. Sekilas terlihat kerumitan dalam pembuatannya, tetapi hasilnya hampir tak terlihat sebagai produk hasil daur ulang. Sangat rapi dan elegan.

"Ini sebenarnya gampang, hanya butuh waktu lama menyiapkan bahan bakunya. Kalau dikerja sendiri butuh waktu berminggu-minggu. Apalagi kalau hanya jadi kerja sampingan saja," ungkap Suryanty.

Menurutnya, membuat produk daur ulang ini membutuhkan kesabaran dan ketekunan tersendiri untuk mendapatkan hasil yang bagus. Harga produknya pun beragam sesuai ukuran dan kerumitannya. Dari harga Rp75 ribu hingga ratusan ribu.

Tidak hanya menjual produk, mereka juga memberi pelatihan untuk pelajar dan ibu-ibu rumah tangga yang tertarik menekuni usaha ini. "Kita sering bikin pelatihan di rumah ini. Ada belajar menganyam, menjahit dan membuat produk-produk dari limbah lainnya. Kalau ada yang minta diajarkan di tempat lain kita juga bisa diundang," tambahnya.

Untuk bahan baku, selain dari limbah plastik sendiri dan tetangga sekitar, juga diperoleh dari bank sampah yang mereka kelola. Untuk rumah tangga sendiri, mereka gencar mengampanyekan pemilahan sampah.

Berbagai Kegiatan

Kegiatan kelompok ini ternyata tidak hanya sekedar daur ulang sampah, namun jauh lebih beragam. Misalnya melakukan pembenahan lingkungan, pemilahan sampah berdasarkan jenisnya, pembuatan komposter pupuk, pemeliharaan tanaman, penyuluhan dan sosialisasi, serta pembentukan bank sampah.

"Beberapa bulan lalu kita lakukan perbaikan taman SPBU di dekat kantor Brimob itu. Kita gotong-royong memoles taman supaya lebih cantik."

Bank sampah binaan kelompok ini juga masih berjalan, meski bermitra dengan pihak lain. Keberadaan Bank Sampah ini cukup aktif dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar. Terintegrasi dengan bank sampah pusat yang dikelola oleh Pemkot Makassar.

Kini program CCDP-IFAD telah berakhir namun Suryanty akan tetap mempertahankan keberadaan kelompok. Apalagi mereka memiliki banyak peralatan yang seharusnya bisa dimaksimalkan.

"Usaha kerajinan tangan ini sebenarnya prospeknya bagus. Pembelinya selalu ada dan harganya bagus. Tinggal bagaimana fokus saja, pak. Apalagi ibu-ibu di sini sudah banyak yang terampil, tinggal diarahkan dan butuh pendampingan lanjutan."

Suryanty juga berharap ini bisa diperluas tidak hanya untuk kelompok-kelompok, tapi juga untuk para pelajar. Apalagi selama ini telah banyak pelajar dari berbagai sekolah yang datang belajar di kelompok tersebut.

"Dulu rumah ini sering penuh anak-anak sekolah datang untuk belajar karena tugas dari sekolah. Mereka cukup terampil."

Menurut Suharman, Tenaga Pendamping Desa (TPD) IFAD Makassar, produk kelompok ini memang cukup bagus dan sering diikutkan dalam berbagai kegiatan pameran. Hanya terkendala pada pemasaran secara luas. Selama ini, pemasaran hanya melalui media sosial secara individu, belum berskala luas atau di gerai toko.

"Produk mereka sangat bagus dan terlihat profesional, cuma harus dipikirkan bagaimana memikirkan pasar mereka. Mereka telah mengalokasikan waktu yang besar untuk itu semua namun kemudian keuntungan secara finansial belum bisa mereka dapatkan. Ini yang kadang membuat produktivitas mereka berkurang," tambahnya.

Suharman berharap dengan berakhirnya program CCDP IFAD akan ada program lain yang bisa membantu pengembangan usaha kelompok ini.

"Ini bisa menjadi industri kreatif rumah tangga yang prospektif dalam membantu meningkatkan income rumah tangga. Bisa menjadi solusi pementasan kemiskinan di masyarakat pesisir."

Sumber: MONGABAY
Editor: Yudha