Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini 5 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Anak
Oleh : Redaksi
Sabtu | 27-01-2018 | 14:50 WIB
kayu-manis1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Hampir semua penyakit bisa ditangani dengan obat alami. Malah, terkadang kita lebih memercayai obat tradisional dibandingkan dengan obat dari dokter. Karena itu, ketika anak kita sakit pun, terkadang kita lebih mengandalkan obat alami.

Ada banyak sekali bahan tradisional yang dapat dijadikan obat, salah satunya adalah kayu manis. Kayu manis adalah bumbu hangat, manis dan memiliki aroma yang kuat. Di dalamnya, ada sebuah ramuan alami bernama coumarin.

Sejak dulu, coumarin telah digunakan dalam pengobatan. Kayu manis bisa digunakan untuk menangani penyakit, termasuk penyakit pada anak. Berikut ini adalah penggunaan kayu manis sebagai obat alami, dilansir dari Boldsky:

1. Mengobati gangguan pencernaan
Kayu manis dapat mendorong perut untuk mengeluarkan lebih banyak cairan sehingga pencernaan anak menjadi lebih lancar.

Hal ini juga mampu meningkatkan sirkulasi darah dan aliran energi menuju perut. Untuk mendapatkan manfaat ini, berikan sesendok madu yang dicampurkan dengan sedikit bubuk kayu manis kepada anak sebelum makan.

2. Mengurangi infeksi jamur
Minyak kayu manis sangat efektif dalam melawan infeksi jamur. Metodenya sangat mudah,yakni campurkan minyak kelapa dan minyak kayu manis dengan jumlah yang sama. Kemudian, oleskan pada area yang terkena infeksi jamur.

Ulangi langkah tersebut 2 kali tiap harinya untuk menghilangkan infeksi.

3. Membantu dalam menghilangkan dahak
Anak kita sering memakan hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan sistem tubuh. Hal itu biasanya juga menyebabkan batuk atau mengi pada anak.

Karena kayu manis adalah bumbu hangat maka obat tradisional ini dapat menghilangkan dahak dan menangani batuk serta pilek. Caranya, tambahkan sejumput bubuk kayu manis ke dalam susu anak tiap harinya.

4. Membantu mengurangi konsumsi gula pada anak
Secara alami, kayu manis ini rasanya manis. Karena itu, dia bisa dijadikan pengganti gula dalam beberapa makanan.

Seperti yang kita ketahui, gula dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi anak-anak. Cara untuk menggunakan kayu manis sebagai pengganti gula, yakni: tambahkan kayu manis ke cokelat panas kesukaan anak.

5. Menjaga kadar gula darah
Karena sering mengonsumsi makanan cepat saji, anak kita juga mungkin memiliki kadar gula darah yang tidak teratur. Kayu manis dapat menjaga kadar gula darah pada anak agar tetap stabil.

Caranya, campur air hangat dengan sejumput bubuk kayu manis. Lalu, buat anak kita meminum air itu sebelum tidur setiap harinya.

Sumber: Nova.grid.id
Editor: Yudha