Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Fredrich Ancam Tuntut Andi Narogong

Muluskan Proyek e-KTP, Jam Tangan Super Mewah Richard Mille untuk Setya Novanto
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 01-12-2017 | 09:38 WIB
jam-tangan-setnov.jpg Honda-Batam
Setya Novanto difoto mengenakan jam tangan mewah merek Richard Mille. Pengacara Novanto membantah klaim bahwa Andi Narogong memberi jam tangan Richard Mille kepada Novanto (Sumber foto: BBC Indonesia)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Terdakwa kasus korupsi proyek KTP elektronik Andi Agustinus alias Andi Naragong mengklaim pernah memberikan jam tangan super mewah merek Richard Mille kepada Setya Novanto, ketua DPR yang juga penyandang status tersangka dalam kasus ini.

Namun pengacara Novanto, Fredrich Yunadi, menyebut Andi 'asal ngomong' dan meminta Andi membuktikan pemberian jam tangan tersebut.

"Orang asal ngomong ... ngapain dipercaya ? Kenal juga tidak, beri hadiah dari mana? Suruh buktikan pernah kenal di mana? Pernah ketemu di mana?" kata Fredrich, Kamis (30/11) malam, melalui keterangan tertulis.

Fredrich mengatakan kalau memang jam tangan mewah tersebut dibeli oleh Andi, Andi mestinya punya sertifikat pembelian.

"Bukti beli, mana sertifikatnya? Richard Mille (model) RM 011 itu paling murah Rp2,5 miliar ... beli KW (barang palsu) kali?"

"Suruh buktikan atau tanggung jawab, (kalau tak bisa) kelak (akan) saya tuntut," kata Fredrich.

Klaim bahwa Andi memberi hadiah jam tangan Richard Mille seharga Rp1,3 miliar disampaikan Andi dalam lanjutan kasus KTP elektronik di Pengadilan Tipikor, Jakarta, hari Kamis (30/11).

Menurut Andi, jam tangan ini sengaja diberikan kepada Novanto saat menjabat sebagai ketua Fraksi Golkar 'sebagai bentuk terima kasih sudah membantu memuluskan anggaran proyek pengadaan KTP elektronik' senilai Rp5,9 triliun.

Andi mengatakan jam tangan Richard Mille untuk Novanto merupakan 'hasil patungan antara dirinya dan Johannes Marliem', saksi kasus ini yang meninggal bunuh diri di Amerika Serikat.

Andi mengatakan Novanto akan berulang tahun dan Marliem 'mengusulkan jam tangan sebagai hadiah'.
'Yang termahal US$1,56 juta'

Andi menjelaskan dirinya kemudian 'menyerahkan uang Rp650 juta kepada Marliem yang lantas membeli arloji Richard Mille seharga Rp1,3 miliar di Amerika Serikat'.

Setya Novanto beberapa kali difoto mengenakan Richard Mille, merek jam tangan yang harganya berkisar dari puluhan ribu dolar hingga US$1,56 juta.

Yang ia kenakan adalah yang berwarna hitam. Belum diketahui apakah jam tangan ini merupakan pembelian dengan dana sendiri atau pemberian dari pihak lain.

Pengacaranya, Fredrich Yunadi tidak memberikan jawaban saat ditanya tentang Richard Mille hitam yang dikenakan Novanto.

Richard Mille banyak dikenakan oleh kalangan berada dan juga sejumlah atlet papan atas dunia. Salah satunya adalah Rafael Nadal, yang dikenal sebagai salah satu duta merek jam tangan ini.

Jam tangan yang ia kenakan dilaporkan bernilai sekitar US$300.000.

Beberapa tahun lalu Jenderal Moeldoko menarik perhatian publik setelah difoto mengenakan jam tangan ini. Namun mantan panglima TNI tersebut mengklaim bahwa Richard Mille yang ia miliki bukan asli.

"Kayak gini kok asli. Ini kan harganya Rp4,7 juta. Pegang aja," kata Moeldoko kepada para wartawan di Jakarta, April 2014.

Ia lantas menjatuhkan jam tangan ini ke lantai dan meminta media memeriksanya.

Novanto ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus proyek KTP elektronik yang diduga merugikan negara lebih dari Rp2 triliun.

Ia saat ini mendekam di penjara KPK. Dalam beberapa kesempatan ia membantah melakukan korupsi dalam proyek ini.

Sumber: BBC Indonesia
Editor: Udin