Bubarkan Balap Liar di Depan Kampus UIB

Kodim 0316 Batam Beri Pembinaan pada 4 Remaja Pelaku Balap Liar
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 30-08-2016 | 09:18 WIB
bubarkan-balap1.jpg

Anggota Unit Intel Kodim 0316/Batam yang dipimpin Danunit Inteldim Ltt Chb Dede Tri Haryanto, saat membubarkan balapan liar di Jalan Gajah Mada depan Kampus Universitas Internasional Batam, Seiladi. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Maraknya aktivitas balap liar di jalan Batam, membuat Kodim 0316/Batam tergerak untuk ikut membantu Polresta Barelang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Alhasil, pada Minggu (28/8/2016) malam, sekitar pukul 22.30 WIB, sebanyak 9 orang anggota Intel Kodim 0316/Batam yang dipimpin Danunit Inteldim Ltt Chb Dede Tri Haryanto, berhasil membubarkan balapan liar serta mengamankan empat remaja yang melakukan balapan.

Dandim 0316/Batam, Letkol Inf Andreas Nanang Dwi, mengatakan, empat remaja yang terdiri dari tiga laki-laki dan satu perempuan itu, diamankan di Jalan Gajah Mada depan Kampus Universitas Internasional Batam, Seiladi. Selain itu, juga diamankan dua unit sepeda motor Kawasaki Ninja tanpa nomor polisi.

"Di sana ada sekitar 20 orang remaja yang akan melakukan balap liar. Namun hanya empat orang yang berhasil diamankan karena yang lainnya langsung melarikan diri," ungkap Andreas, Senin (29/8/2016) malam.

Dijelaskan, empat remaja itu kemudian diamankan ke Makodim untuk didata dan diberikan pengarahan atau pembinaan. Setelah selesai, empat remaja tersebut dibolehkan pulang dengan cara dijemput orangtua masing-masing. Mereka bernama Rijal Adisaputra (21), Tanri Sulaiman (16), Markus Obo Kesa (23), dan Andini Naomira (16).

Menurut Dandim, selain untuk membantu polisi, juga dikarenakan membaca di media, aktivitas balapan liar ini sudah meresahkan masyarakat.

"Kami tidak ingin kamtibmas di Batam terusik karena ulah remaja-remaja ini. Makanya saya perintahkan anggota turun ke jalan ikut menertibkan dan membubarkan mereka. Mereka yang diamankan kami beri pembinaan, dan boleh pulang kalau orangtua yang menjemput. Kegiatan ini akan rutin kami lakukan," tambahnya.

Sementara Danunit Inteldim 0316/Batam Ltt Chb Dede Tri Haryanto, mengatakan, pada Minggu malam, patroli yang dilakukan dengan rute dimulai dari Makodim 0316/Batam, jalan raya Batuampar, Bengkong, Sei Panas, Engku Putri, Jl Sudirman, Jl Gajah Mada, Jl Tiban Utara, Tiban Indah, dan Nagoya.

"Biasanya aktivitas balap liar ini dilakukan pada hari libur, dan kami akan lakukan patroli rutin," pungkasnya.

Editor: Dardani