Kunjungan Wisata masih Normal

Teror Bom Tak Beri Dampak Pariwisata di Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 19-01-2016 | 14:22 WIB
polisi-cek-bis.jpg
Anggota kepolisian memeriksa bis wisata yang mengangkut pelancong mancanegara melalui Pelabuhan Internasional Ferry Sekupang. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Teror bom yang terjadi di Jakarta, pekan lalu, tak memberi dampak negatif pada dunia pariwisata di Batam. Kunjungan wisatawan tetap ramai, seperti halnya yang terlihat di Pelabuhan Internasional Ferry Sekupang, Batam.

"Meskipun diguncang bom, turis yang ke Batam jumlahnya normal saja,  selama seminggu ada 15 ribu penumpang yang masuk Batam. Tidak ada dampak signifiknt akibat terjadi bom di Jakarta,"  kata Azis Fahrudin, Humas Pelabuhan Internasional Ferry Sekupang, Selasa (19/1/2016). 

Namun demikian, pengamanan ekstra ketat masih ditunjukan kepolisian dengan melakukan pemeriksaan sejumlah penumpang maupun kendaraan yang masuk dan keluar dari area pelabuhan.

"Pelabuhan ini tetap kondusif, pengamanan dari pihak kepolisian sangat membantu dengan menurunkan anggota dengan melakukan penyisiran," katanya.

Pengamanan dilakukan dilakukan dengan cara pemeriksaan mulai dari penumpang, barang bawaan hingga menyisir fasilitas pelabuhan. Personel yang diturunkan mulai dari Brimob, KKP dan Polair.

"Sejak terjadi bom Jakarta, kita sudah disiagakan disini. Sasaran yang dianggap rawan atau mengganggu keamanan pelabuhan. Pengecekan meliputi barang, orang yang dicurigai, semua titik kami periksa," kata Komandan Regu Brimob Polda Kepri, Brigadir Ronald Sitohang.

Sejauh ini kata Ronald, belum ada ditemukan orang yang dicurigai, pemeriksaan ini meliputi semua penumpang kapal baik WNI atau WNA.

"Kalau untuk kapan dihentikan pemeriksaannya kita belum tahu. Kita hanya menjalankan perintah saja," pungkasnya.

Editor: Dodo