Bawaslu Siapkan Buku Saku untuk PTPS, Herwyn: Panduan Tindakan Cepat dan Tepat
Oleh : Redaksi
Rabu | 09-10-2024 | 15:44 WIB
Buku-Saku.jpg
Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda saat membuka Rapat Finalisasi Penyusunan Buku Saku Pengawas Pemilihan Ad Hoc, di Kota Sorong, Papua Barat, Sabtu (5/10/2024). (Bawaslu)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) tengah menyusun buku saku khusus bagi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) guna mendukung pengawasan Pemilihan Serentak 2024.

Anggota Bawaslu, Herwyn JH Malonda, berharap buku ini dapat menjadi panduan efektif bagi pengawas pemilu di lapangan agar dapat mengambil langkah cepat dan tepat selama proses pengawasan.

"Buku saku ini diharapkan bisa membantu teman-teman pengawas mengambil keputusan cepat dan tepat menjelang masa tenang, pemungutan, dan penghitungan suara," ujar Herwyn, saat membuka Rapat Finalisasi Penyusunan Buku Saku Pengawas Pemilihan Ad Hoc di Sorong, Papua Barat Daya, Sabtu (5/10/2024), demikian dikutip laman Bawaslu.

Herwyn menjelaskan, buku saku tersebut akan menjadi alat bantu utama bagi pengawas di lapangan untuk menjawab pertanyaan atau menyelesaikan persoalan yang mungkin timbul, baik dari pihak lembaga lain, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), hingga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) serta saksi peserta Pemilu.

"Buku ini bisa jadi solusi ketika pengawas TPS dihadapkan pada situasi di lapangan atau pertanyaan dari berbagai pihak, termasuk mitra kerja seperti PPK, PPS, KPPS, atau saksi pemilihan," jelas Herwyn.

Ia juga mengingatkan bahwa penyusunan buku saku ini harus dilakukan dengan cermat dan terkoordinasi dengan Biro Pengawasan dan Biro Penanganan Pelanggaran Bawaslu agar tidak menyimpang dari kebijakan yang telah ditetapkan. "Saya minta penyusunan buku saku ini berkoordinasi dengan biro terkait agar isinya sejalan dengan kebijakan Bawaslu," tambahnya.

Rapat finalisasi ini dihadiri oleh Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Diklat Bawaslu dari seluruh provinsi. Mereka diundang untuk memberikan masukan terkait penyempurnaan buku saku tersebut. Rencananya, finalisasi buku ini akan dilaksanakan bersama pimpinan Bawaslu Provinsi se-Indonesia pada Minggu (16/10/2024) di Papua Barat Daya.

Editor: Gokli