Hari Ini, Kementerian PANRB Umumkan Pemda Penerima SAKIP Award 2024
Oleh : Redaksi
Rabu | 02-10-2024 | 09:24 WIB
SAKIP-2024.png
Hasil evaluasi SAKIP 2024 diumumkan pada Rabu (2/10/2024). (KemenPANRB)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Proses evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2024 untuk Pemerintah Daerah telah selesai.

Hasil evaluasi tersebut akan diumumkan pada Rabu (2/10/2024), dalam ajang SAKIP Award yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Acara bertema 'Menguatkan Sinergi, Mewujudkan Akuntabilitas untuk Indonesia Maju' ini bisa disaksikan secara daring melalui kanal YouTube Kementerian PANRB.

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, menyatakan harapannya SAKIP Award 2024 akan meningkatkan sinergi dan kolaborasi antara instansi pemerintah dalam menjalankan akuntabilitas kinerja yang inovatif. "Melalui upaya refocusing program dan kegiatan berdasarkan analisis efektivitas biaya, pemerintah daerah dapat lebih tepat sasaran dalam menjawab isu-isu strategis," ujar Anas di Jakarta, Selasa (1/10/2024), demikian dikutip laman KemenPANRB.

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB, Erwan Agus Purwanto, menambahkan SAKIP Award bukan hanya ajang penghargaan, tetapi juga platform untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman antar instansi. "Kami berharap acara ini menjadi ruang untuk bertukar strategi dan solusi dalam implementasi SAKIP yang lebih berdampak," katanya.

Evaluasi SAKIP sendiri menjadi alat penting untuk memetakan kinerja pemerintah daerah dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran. Penilaian ini didasarkan pada Peraturan Menteri PANRB No. 88/2021, dan hasilnya dikelompokkan ke dalam tujuh kategori, mulai dari AA hingga D. Semakin tinggi nilai yang dicapai, semakin efektif penggunaan anggarannya, yang pada gilirannya mendukung tercapainya target pembangunan nasional dan penyelesaian isu strategis daerah.

SAKIP Award 2024 menjadi momentum penting bagi Pemerintah Daerah untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola dan kinerja yang lebih baik.

Editor: Gokli