Peringati Hari Kontrasepsi Sedunia

Dinkes Tanjungpinang Targetkan 1.450 Akseptor dalam Program KB Gratis
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 10-09-2024 | 18:20 WIB
Pelayanan-KB-Gratis1.jpg
Program KB Gratis Dinkes Tanjungpinang dalam rangka peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kota Tanjungpinang menargetkan sebanyak 1.450 akseptor dalam program pelayanan Keluarga Berencana (KB) gratis yang akan berlangsung mulai 10 hingga 20 September 2024. Program ini diluncurkan dalam rangka memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia tahun 2024.

Rustam, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, mengajak pasangan usia subur di kota tersebut untuk memanfaatkan kesempatan ini.

"Bagi pasangan usia subur yang membutuhkan, pelayanan KB gratis dapat diakses di seluruh puskesmas, praktik mandiri bidan, puskesmas pembantu, dan klinik bersalin di Tanjungpinang," kata Rustam, Selasa (10/9/2024).

Berbagai jenis alat kontrasepsi yang disediakan dalam program ini meliputi IUD, implan, pil, suntik, kondom, dan Medis Operasi Wanita (MOW). Rincian targetnya mencakup suntik untuk 914 akseptor, pil untuk 290 akseptor, kondom untuk 56 akseptor, IUD untuk 44 akseptor, implan untuk 131 akseptor, dan MOW untuk 15 akseptor.

Rustam menegaskan bahwa tujuan program ini adalah membantu pasangan usia subur dalam perencanaan kehamilan dan kelahiran, guna meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Dengan mengikuti program KB ini, pasangan dapat lebih terencana dalam merencanakan kehamilan dan kelahiran, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada kesejahteraan keluarga," tutup Rustam.

Editor: Yudha