Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bantuan DAK Kemenkes Berupa 1 Unit Ambulance dan 2 Sepeda Motor

Abdul Haris Resmikan Pengoperasian Puskesmas Keliling Roda 4 dan Roda 2 di Siantan Tengah
Oleh : Frengky Tanjung
Selasa | 10-09-2024 | 14:24 WIB
Ambulance.jpg Honda-Batam
Bupati Anambas, Abdul Haris, saat menyerahkan bantuan Puskesmas Keliling berupa Ambulance dan dua sepda motor di Siantan Tengah, Selasa (10/9/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, meresmikan pengoperasian Puskesmas Keliling (Puskel) berupa mobil dan motor di Puskesmas Siantan Tengah, Desa Air Asuk, Selasa (10/9/2024).

Acara tersebut ditandai dengan prosesi tepung tawar dan pemotongan pita sebagai simbol dimulainya layanan kesehatan keliling di wilayah kecamatan tersebut.

Bupati Abdul Haris menjelaskan, Pemkab Anambas terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan guna menunjang pelayanan yang optimal. Salah satu langkah yang ditempuh adalah pengadaan Puskesmas Keliling melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Kesehatan 2024 yang didapat dari Kementerian Kesehatan.

"Pengadaan Puskesmas Keliling roda 4 berupa Ambulans dan Puskel roda 2 berupa sepeda motor diharapkan dapat meningkatkan akses layanan kesehatan, terutama di wilayah kerja Puskesmas Siantan Tengah," ujar Abdul Haris.

Keberadaan Puskel roda 2, menurut Haris, relevan dengan kondisi geografis Kepulauan Anambas yang sulit dijangkau kendaraan roda empat. Sepeda motor dinilai lebih efektif untuk mendatangi masyarakat di daerah terpencil, sekaligus mempersingkat waktu penanganan darurat.

"Kepada Kepala Dinas Kesehatan, saya minta agar layanan kunjungan rumah (home visit) dapat dilakukan menggunakan motor Puskesmas Keliling roda dua, guna meningkatkan respons penanganan pasien di wilayah yang sulit dijangkau," tambahnya.

Bupati menekankan pentingnya integritas tenaga medis dalam memberikan pelayanan. Ia menyebut pihaknya sering menerima laporan terkait sikap tenaga medis yang kurang etis dalam melayani pasien.

Ia juga berpesan agar petugas kesehatan selalu mengutamakan kepentingan pasien, bersikap ramah, dan menjalankan tugas dengan sopan santun. "Saya berharap tenaga kesehatan mengutamakan keramahan dan etika dalam setiap pelayanan yang diberikan. Meskipun sarana terbatas, pelayanan yang baik dan penuh integritas tetap harus menjadi prioritas," tutupnya.

Dengan adanya Puskesmas Keliling ini, diharapkan masyarakat Anambas, khususnya di wilayah yang sulit dijangkau, dapat lebih mudah mengakses layanan kesehatan.

Editor: Gokli