Diikuti Ratusan Generasi Muda

Semarak Museum Dihatiku 2024 Ajak Cintai Nilai Budaya dan Sejarah Kota Tanjungpinang
Oleh : Devi Handiani
Kamis | 05-09-2024 | 18:44 WIB
Semarak-Museum-Dihatiku1.jpg
Semarak Museum Dihatiku 2024 menarik perhatian ratusan peserta dari berbagai kalangan pelajar hingga mahasiswa. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kegiatan Semarak Museum Dihatiku 2024 yang berlangsung sejak 3 hingga 6 September 2024 berhasil menarik perhatian ratusan peserta dari berbagai kalangan pelajar hingga mahasiswa.

Berbagai lomba menarik diselenggarakan untuk mengajak generasi muda lebih mengenal dan mencintai nilai-nilai luhur dari sejarah dan budaya kota Tanjungpinang.

Berlokasi di Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah (SSBA), kegiatan ini diikuti 137 peserta, yang terdiri dari pelajar tingkat SD, SMP/MTs, SLTA, hingga mahasiswa di kota Tanjungpinang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tanjungpinang, Muhammad Nazri, mengapresiasi antusiasme generasi muda yang turut ambil bagian dalam kegiatan ini.

"Alhamdulillah, jumlah peserta mencapai 137 orang. Ini menjadi bukti bahwa budaya dan tradisi kita masih terjaga dan lestari di kalangan generasi muda," ujar Nazri, Kamis (5/9/2024).

Nazri berharap, melalui kegiatan seperti ini, minat masyarakat, khususnya anak-anak muda, untuk belajar dan mengenal sejarah kota Tanjungpinang akan terus meningkat.

"Museum SSBA menjadi salah satu tempat penting untuk menumbuhkan kecintaan terhadap warisan budaya dan sejarah lokal," tambahnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini.

"Mudah-mudahan partisipasi sekolah-sekolah akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang," ucapnya.

Kepala Museum Kota Tanjungpinang, Siti Umi Muslimah, menjelaskan perlombaan dalam kegiatan Semarak Museum Dihatiku 2024 meliputi berbagai kategori yang bertujuan untuk mempromosikan pengetahuan dan kecintaan terhadap sejarah serta budaya kota Tanjungpinang.

Perlombaan dimulai dengan lomba kepemanduan museum pada 3-4 September 2024, diikuti 29 peserta dari tingkat SMA/SMK dan 5 peserta dari perguruan tinggi.

Selanjutnya, lomba bercerita untuk tingkat SD/MI dan SMP/MTs dilaksanakan 4-6 September 2024, diikuti 57 peserta dari tingkat SD dan 27 peserta SMP.

"Sementara itu, lomba story line (vlog) tingkat umum diadakan 4 September, diikuti 19 peserta," terangnya.

Editor: Yudha