Bupati Karimun Jadi Narasumber Kuliah Pakar UNRIKA Batam
Oleh : Freddy
Kamis | 27-06-2024 | 20:04 WIB
Rafiq-Unrika1.jpg
Bupati Karimun Jadi Narasumber Kuliah Pakar UNRIKA Batam. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bupati Karimun Aunur Rafik jadi nara sumber kuliah pakar dan pelantikan Senat BEM Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Rektor Unrika Prof Sri Langgeng Ratnasari, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Askarmin Harun, Ketua Prodi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dendi Sutarto, Civitas Akademika Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta beberapa Kepala OPD Kabupaten Karimun.

Sebagai narasumber Bupati Karimun menyampaikan berbagai peluang dan tantangan dalam menghadapi era transformasi digital saat ini, terutama institusi Pemerintah Daerah, Khususnya Kabupaten Karimun dan Provinsi Kepulauan Riau.

Ia menjelaskan bahwa dalam era transformasi digital Pemerintah dihadapkan pada peluang sekaligus tantangan dalam mewujudkan birokrasi berkelas dunia karena digitalisasi membuka jalan bagi efesiensi, transparansi dan layanan publik yang lebih unggul,

Namun hal ini juga membutuhkan perubahan mindset, penguatan kapasitas SDM dan penyesuaian tata kelola kelembagaan, sebuah perjalanan yang penuh peluang namun juga disertai dengan beragam tantangan yang harus dihadapi

Ungkap Aunur Rafiq, di Pemerintah Kabupaten Karimun sendiri dalam menghadapi Era Tranformasi Digital khususnya di Bidang Pelayanan Publik setiap OPD telah banyak melahirkan aplikasi-aplikasi pelayanan publik.

"Di antaranya Aplikasi SIMTARU (sistem Informasi Tata Ruang Kabupaten Karimun), SIDATIN SEHAT (sistem informasi penggelolaan data kesehatan), SIM PBB (sistem informasi pajak bumi dan bangunan) dan berbagai aplikasi pelayanan yang telah di lahirkan oleh setiap OPD yang ada di Kabupaten Karimun," ujar Aunur Rafiq.

Sementara Rektor Prof Sri Langgeng Ratnasari menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati Karimun atas kehadirannya di acara tersebut.

"Kita ingin mengajak Bupati Karimun untuk bergabung menjadi salah seorang pengajar di Universitas Riau Kepulauan khususnya pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik," ujar Rektor.

"Pengalaman dan kepiawaian Bupati Karimun di bidang pemerintahan dapat memberikan warna tersendiri bagi perkembangan fakultas Ilmu sosial dan Politik Universitas Riau Kepulauan yang dapat memadukan antara teori dan praktek yang sesungguhnya di masyarakat," pungkasnya.

Editor: Yudha