Periode Januari-Februari 2022, Kunjungan Wisman ke Batam Meningkat 37,08 Persen
Oleh : Aldy Daeng
Selasa | 05-04-2022 | 14:04 WIB
kantor-BPS-Batam1.jpg
Kantor Badan Pusat Statistik Kota Batam. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Semenjak dibukanya pintu masuk bagi wisatawan mancanegara (Wisman) pada Januari 2022 lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) Batam mencatat peningkatan kunjungan wisman. Selama Februari 2022, tercatat 329 kunjungan atau naik sebesar 37,08 persen.

Jika dibanding jumlah wisman pada bulan sebelumnya, Januari 2022, sebanyak 240 kunjungan. Wisman yang berkunjung ke Kota Batam pada Januari-Februari 2022 masih didominasi oleh wisman Singapura yaitu mencapai 36,91 persen.

"Pada dasarnya kenaikan kunjungan wisman dari tahun ke tahun pada Januar ke February itu biasa, namun karena ini masih suasana pandemi, jadi kenaikannya masih terbilang rendah," ujar Kepala BPS Kota Batam, Rahmad Iswanto Selasa (5/4/2022).

Ia melanjutkan, pada Februari 2022, jumlah kunjungan wisman berkebangsaan Singapura ke Kota Batam sebanyak 124 kunjungan. Sementara itu, kunjungan wisman berkebangsaan Malaysia sebanyak 79 kunjungan, Inggris sebanyak 9 kunjungan, China sebanyak 6 kunjungan, Australia sebanyak 5 kunjungan, India dan Philipina masing-masing sebanyak 4 kunjungan, serta berkebangsaan Amerika Serikat sebanyak 1 kunjungan,

Dari 10 negara wisman terbanyak yang berkunjung ke Kota Batam tercatat wisman berkebangsaan Singapura, Malaysia, Inggris, China, Australia, India, Philipina dan Amerika Serikat mengalami kenaikan jumlah kunjungan pada Februari 2022 jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, Sedangkan wisman berkebangsaan Prancis mengalami penurunan jumlah kunjungan.

"Masih didominasi dari Singapura, disusul Malaysia, ini sepertinya lumrah untuk kunjungan ke Batam," katanya.

Kepala BPS Batam kemudian menyarankan, terkait PCR yang di berlakukan terhadap wisman yang berkunjung ke Batam, agar di ganti dengan tes swab antigen, hal ini dikarenakan, rata-rata wisman yang berkunjung ke Batam sudah melakukan vaksin 1,2 bahkan ke-3.

"Agar tidak menjadi ke engganan wisman untuk datang ke Batam, saya rasa antigen lebih efektif, rata-rata mereka sudah booster disana, jadi apalagi yang mesti kita takutkan?, bahkan seharusnya mereka yang takut sama kita," ungkap Rahmad Iswanto.

Sementara Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Provinsi Kepulauan Riau pada bulan Februari 2022 rata-rata 30 persen atau naik 3,61 persen poin dibanding TPK Januari 2021 yang tercatat sebesar 26,39 persen.

Rata-rata lama menginap tamu asing dan tamu Indonesia pada hotel berbintang di Provinsi Kepulauan Riau pada bulan Februari 2022 tercatat sebesar 2,14 hari atau naik 0,63 poin dibanding dengan rata-rata lama menginap tamu pada bulan Januari 2021.

Editor: Yudha