Kecamatan Sagulung Dilanda Hujan Es, Ini Penjelasan BMKG Batam
Oleh : Putra Gema
Selasa | 29-03-2022 | 19:28 WIB
hujan-es-sagulung.jpg
Hujan es di Kecamatan Sagulung, Selasa (29/3/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Cuaca di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) beberapa hari belakangan tidak menentu. Hal ini pun menyebabkan terjadinya situasi cuaca yang tidak pernah terjadi sebelumnya.

Pada Selasa (29/3/2022) sore ini, terjadi fenomena yang tidak biasa, yakni hujan es. Hal ini terjadi di Kecamatan Sagulung, Batam, sekitar pukul 16.00 WIB lalu.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam, Suratman mengatakan, salah satu pemicu kuat terjadinya hujan es ialah gumpalan awal kumulonimbus yang sangat besar dan padat.

"Awan ini muncul karena adanya tekanan panas yang sangat tinggi menyebabkan awan kumulonimbus menggumpal sangat besar," kata Suratman melalui pesan singkatnya.

Ia mengungkapkan pada biasanya, awan tersebut memiliki bentuk yang berlapis-lapis seperti bunga kol. Di antara awan tersebut ada satu jenis awan yang mempunyai batas tepinya sangat jelas berwarna abu-abu menjulang tinggi, yang akan cepat berubah warna menjadi Abu-abu atau Hitam.

Pergerakan massa udara naik yang cukup kuat dapat membawa uap air naik hingga mencapai ketinggian dimana suhu udara menjadi sangat dingin hingga uap air membeku menjadi partikel es. "Pada awan kumulonimbus ada beberapa proses pembentukan dan pertumbuhan, seperti adanya proses pergerakan massa udara naik dan turun yang sangat kuat," ujarnya.

Untuk diketahui, awan kumulonimbus adalah sebuah awan vertikal menjulang yang sangat tinggi, padat, dan terlibat dalam badai petir dan cuaca dingin lainnya. Awan ini terbentuk sebagai hasil dari ketidakstabilan atmosfer.

Editor: Gokli