PDDI dan Perkumpulan Marga Tan Kota Batam Gelar Aksi Donor Darah
Oleh : Aldy
Minggu | 27-03-2022 | 13:03 WIB
donor_marga_tan_b.jpg
Kegiatan donor PPDI dan Marga Tan menggelar kegiatan donor darah di Batam (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Batam dan Perkumpulan Marga Tan Kota Batam bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia menggelar kegiatan sosial donor darah.

Ketua PDDI Kota Batam Saufa J. Tan mengatakan, kegiatan donor darah yang dimotori oleh Perkumpulan Marga Tan ini merupakan kegiatan rutin per tiga bulan. Untuk kegiatan kali ini diadakan lebih cepat, mengingat mendekati bulan puasa.

"Ini rutin kita lakukan tiap tiga bulan, karena saudara kita yang Muslim sebentar lagi akan menyambut bulan puasa, makanya kegiatan kali ini kita percepat," ungkap Saufa saat mengawasi kegiatan donor darah di One Mall Batam, Minggu (27//3/2022).

Dijelaskan, untuk kegiatan kali ini, pihak PDDI Batam menargetkan 250-300 orang pendonor. Untuk membantu meringankan beban masyarakat, pihak PDDI juga memberikan satu paket beras ukuran 5 kg dan souvenir bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya.

"Selagi kami diberikan kesehatan dan kekuatan, kegiatan seperti ini akan terus kami lakukan. Kita harap hari ini bisa melebihi target, sebagai ucapan terima kasih kita juga berikan bingkisan berupa beras dan souvenir bagi pendonor," terang Saufa.

Kepala Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) dr Novi M Biomed menyampaikan apresiasi kepada Perkumpulan Marga Tan kota Batam. Stok darah yang ada di PMI saat ini sangat kurang, dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan bisa membantu PMI dalam penyediaan darah khususnya di Batam.

"Kita harapkan target 300 orang hari ini bisa tercapai. Apalagi saat bulan puasa, bisa dibilang stok darah dalam kondisi SOS, hampir semua golongan darah kita kesulitan stok saat ini. Kegiatan seperti ini sangat membantu PMI dalam penyediaan darah," ungkap dr Novi.

Sementara Ketua Tim Medis dari PDDI dr Daicy M Biomed mengatakan, kegiatan ini sangat membantu masyarakat yang membutuhkan darah, di mana saat pandemi covid-19 kebutuhan darah sangat meningkat, ditambah lagi dari pasien tertentu yang juga membutuhkan donor darah.

"Kita apresiasi semua pihak yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, kesadaran masyarakat untuk mau mendonorkan darahnya juga kita butuhkan. Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut," ucap dr Daicy M Biomed.

Anggota DPRD Batam Tan Atie, yang hadir dalam kegiatan donor darah yang dimotori oleh PDDI kota Batam menyampaikan, apresiasi setinggi-tingginya kepada Perkumpulan Marga Tan. Dia juga berharap kegiatan seperti ini bisa diikuti oleh perkumpulan masyarakat lainnya.

"Perkumpulan Marga Tan ini sangat kompak, mereka semua punya kegiatan, namun untuk kegiatan sosial anggota perkumpulan selalu menyiapkan waktu. Ini perlu dicontoh oleh perkumpulan masyarakat lainnya yang ada di Batam," ungkap Tan Atie.

Editor: Surya