Sambut Bulan Ramadhan, TNI AL Lakukan Bersih-bersih Laut dan Pelabuhan Sagulung
Oleh : Irwan
Minggu | 27-03-2022 | 12:32 WIB
bersih_pelbuhan_sekupangb.jpg
Kegiatan gotong royong bersih-bersih Pelabuhan Sekupang (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan 1443 H, Pos Angkatan Laut (AL) Pelabuhan Sagulung, melakukan gotong royong di Pelabuhan Rakyat Sagulung, Minggu (27/03/2022).

Kegiatan bakti sosial ini direspon positif oleh masyarakat setempat melalui Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Pulau Buluh, Persatuan Anak Tempatan (Pesat), Dinas Perhubungan, dan instansi Kemaritiman yang bertugas disana.

Perwira Staf Potensi Maritim Lanal Batam Mayor Marinir Cisworo, memimpin langsung goro tersebut tampak membersihkan sampah-sampah yag berada di pelantar (dermaga) hingga lokasi parkir kendaraan.

Sementara penambang pancung bersama sebagai personil TNI Al membersihkan sampah-sampah yang berceceran di atas perairan sekitar lokasi pelabuhan.

Mayor Marinir Cisworo mengungkapkan, ini adalah kegiatan yang sangat positif untuk kenyamanan dan keamanan bersama. Mengingat pelabuhan Sagulung sebagai akses utama bagi masyarakat pulau di sekitarnya perlu dijaga dan ditata dengan baik apalagi jelang perayaan Lebaran ini.

"Saya sangat apresiasi dengan antusias masyarakat, nelayan, penambang pancung boat serta kawan-kawan dari instansi kemaritiman lainnya. Mari tetap jaga kebersihan. Ini kegiatan yang sangat baik untuk mempererat jalinan silaturahmi yang sudah terjaga dengan baik selama ini. Semoga kedepannya semakin baik lagi," ujar Cisworo disampingi Koptu Bah, Selamat Mulyono sebagai Pengawak Pos AL Sagulung.

Pada kesempatan yang sama Cisworo juga mengingatkan masyarakat sekitar untuk tetap peduli dan patuh terhadap protokol kesehatan untuk melawan penyebaran Covid-19 di tanah Air.

Untuk mensukseskan program vaksinasi Nasional, dalam waktu dekat ini TNI AL akan mengadakan vaksin bagi masyarakat pulau di Pelabuhan Sagulung.

Tokoh masyarakat Pulu Buluh Amzamin Yusuf juga apresiasi atas niat baik dari jajaran TNI AL tersebut. Menurutnya selain membangkitkan semangat untuk gotong-royong, bagi masyarakat kegiatan ini juga sebagai ajang silatuhrahmi kepada intansi kemaritiman yang bertugas di Pelabuhan Sagulung.

Dia berharap kedepan kegiatan seperti ini tetap dilaksanakan demi meningkatkan hubungan baik antara masyarakat dan aparat penegak hukum.

"Kegiatan seperti ini sangat positif untuk mempererat tali silaturahmi. Semoga kegiatan ini rutin dilakukan untuk kenyamanan dan keamanan masyarakat di pelabuhan," ujarnya.

Editor: Surya