Tahun Ini, CSL Realisasikan Program Bedah Rumah di Natuna-Anambas
Oleh : Putra Gema
Rabu | 02-03-2022 | 18:04 WIB
CSL-Kepri.jpg
Anggota Komisi V DPR RI, Dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota Komisi V DPR RI, Dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan memenuhi janjinya ke warga Natuna-Anambas untuk melaksanakan bedah 300 rumah di tahun 2022 ini.

Wanita yang kerap disapa CSL ini menjelaskan, masing-masing kabupaten tahun 2022 mendapati bantuan 150 hunian program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Tahun lalu, kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, CSL meminta Kementerian PUPR sebagai instansi teknis merealisasikan bedah rumah dana aspirasi dirinya sebagai anggota Komisi V DPR di Natuna dan Anambas, agar kedua warga di tapal batas juga mendapatkan manfaat bantuan itu.

"Rencana di tahun 2022 ini masing-masing (Natuna-Anambas) 150 unit," kata CSL, Rabu (2/3/2022).

Pengerjaan ini dijelaskannya menunggu surat keputusan Dirjen Perumahan Kementerian PUPR. Mekanismenya, CSL akan meneken daftar penerima bantuan bedah rumah. Selanjutnya, data mereka masuk ke Ditjen Perumahan menunggu SK.

Tahun lalu, CSL merealisasikan 2.000 hunian bedah rumah di Kepri dan tersebar di lima kabupaten/kota. Sebagian telah serah terima, sebagian lagi telah rampung, namun CSL belum sempat menyerahkan ke warga penerima secara simbolis.

Tahun 2021, CSL menyodorkan data, tercatat sejumlah kegiatan infrastruktur dukungan pendanaan aspirasi dirinya. Seperti program bantuan Lembaga Pendidikan Keagamaan (LPK) berupa penyediaan MCK. Kemudian Pamsimas, alias penyediaan air bersih. Ada juga proyek Jembatan Gantung dan pembangunan jalan nasional tersebar di sejumlah ruas serta pembangunan dermaga.

Tahun 2022, CSL di Natuna mengawal sejumlah kegiatan infrastruktur di sejumlah kemeterian atau lembaga negara mitra kerja Komisi V, yakni pembangunan Desa Wisata program Kemendesa, pengadaan dan pembangunan Radar MS2 kelolaan BMKG kepentingan cuaca dan pertahanan.

"(Kita) ikhtiarkan mem-back up daerah perbatasan," tutupnya.

Editor: Gokli