Himpunan Mahasiswa S2 BTP Diharap Tingkatkan SDM Pariwisata Kepri
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 28-12-2021 | 11:04 WIB
HIMA-S2-BTP1.jpg
Pengukuhan Pengurus HIMA Pasca Sarjana Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata Politeknik Pariwisata Batam. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengurus HIMA Pasca Sarjana Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata Politeknik Pariwisata Batam dikukuhkan. Acara pengukuhan digelar di Balai Natuna Gedung BTP lantai 2, Rabu (22/12/2021).

Hal ini diharapkan bisa meningkatkan SDM pariwisata yang handal, berkualitas dan berkomitmen. Batam Tourism Polytechnic (BTP) tidak berhenti dengan program D1 (6 plus 6) dan D4 saja, saat ini juga sudah ada Program Pascasarjana atau S2 Terapannya, dan sudah berjalan 2 angkatan.

Acara pengukuhan Pengurus HIMA S2 BTP ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepualauan Riau, Buralimarberlangsung dengan khidmat dan penuh optimisme.

Dalam kata sambutannya, Buralimar mengatakan bahwa Dinas Pariwisata Kepri siap mendukung setiap program kerja yang telah disusun oleh HIMA S2 BTP tersebut. Ia juga menyambut baik akan terbentuknya HIMA S2 BTP ini, sekaligus optimis bahwa pariwisata Kepri akan bangkit di tengah serangan pandemi saat ini.

"Kepri memiliki potensi besar dalam pengembangan wisata dari berbagai sektor, seperti kuliner, budaya, bahari dan lain sebagainya, oleh karena itu kehadiran HIMA S2 BTP ini diharapkan mampu mengembangkan setiap potensi daya tarik wisata di setiap pelosok Kepri," ujarnya.

Mewakili BTP, Siska Amelia Maldin, selaku Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Humas, menyatakan bahwa sebagai implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian dan pengabdian Masyarakat, HIMA dapat menjadi salah satu motor penggerak dan mengamalkan ilmunya dalam kehidupan bermasyarakat.

Mendukung pernyataan tersebut, ketua HIMA terpilih Raja Mohammad Syafarullah dalam kata sambutannya mengatakan bahwa kehadiran HIMA pasca sarjana Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata sebagai wadah untuk meningkatkan kualitas dan daya saing berasaskan tri dharma perguruan tinggi agar BTP menjadi taraju negeri dalam meningkatkan Kepariwisataan di Kepri.

"Diharapkan program nyata dari HIMA S2 BTP ini mampu membangkitkan potensi wisata Kepri dan menjadikan Kepri semakin maju perekonomian dan pariwisatanya," tutup Raja.

Sebagai salah satu program kerja nyata HIMA S2, pada kesempatan ini sekaligus dilakukan perjanjian kerjasama antara Pemerintah Desa Resun Kecamatan Lingga Utara dan Prodi Magister Terapan Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata BTP untuk menjadikan Desa Resun Sebagai Desa Wisata Binaan.

Editor: Yudha