Jelang Nataru, Jumlah Penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang Meningkat
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 23-12-2021 | 14:20 WIB
pelabuhan-domestik-sekupang.jpg
Pelabuhan Domestik Sekupang. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) jumlah penumpang antar Provinsi/Kota melalui Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) mulai meningkat.

Peningkatan jumlah penumpang terjadi sejak Minggu (19/12/2021) hingga Selasa (21/12/2021) dengan total jumlah penumpang yang berangkat sebanyak 5.216 jiwa. Sementara yang datang memalui PDS sebanyak 4.635 jiwa selama kurun waktu 3 hari.

"Mulai ada lonjakan jumlah penumpang. Tapi naiknya tidak banyak, sekitar 10 persen dari hari biasa," ujar Kepala Syabandar Pos Sekupang, Parsaoran Samosir, Kamis (23/12/2021).

Parsaoran mengatakan jumlah penumpang yang mengalami kenaikan biasanya terjadi pada hari libur (weekend). Tercatat pada 19 Desember jumlah penumpang yang berangkat mencapai 1.823.

"Paling banyak jumlah penumpang berangkat kisaran 1.600 orang itupun terjadi di hari weekend," ujarnya.

Sementara untuk syarat penumpang yang hendak bepergian antarpulau (Kota Provinsi Kepri) menggunakan transportasi laut wajib divaksin dosis kedua. Hal itu menyusul adanya kebijakan Gubernur Kepri menghapus tes antigen. Sementara bagi warga yang masih dosis pertama diwajibkan tes antigen.

"Kemudian untuk tujuan luar antar provinsi seperti ke Dumai masih diwajibkan rapid test antigen sebagai syarat utama keberangkatan. Disamping itu, calon penumpang juga sudah divaksin minimal dosis pertama," kata Parsaoran.

Ia juga menghimbau kepada kapten kapal Untuk memperhatikan cuaca ekstrim yang terjadi di Kepualuan Riau. Meski demikian sejauh ini jadwal keberangkatan semua berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

"Sejauh ini tidak ada penundaan keberangkatan kapal akibat cuaca, semua berjalan sesuai jadwal yang ditentukan. Tapi kami tetap menghimbau kapten kapal apabila cuaca butuh terjadi," pungkasnya.

Editor: Yudha