Partai Gelora Kepri Canangkan Gerakan GEN 170
Oleh : Roni Ginting
Kamis | 23-12-2021 | 09:33 WIB
Gelora-Kepri11.jpg
Pencanangan Gerakan GEN 170 di Sahid Hotel Batam oleh DPW Partai Gelora Provinsi Kepri. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Provinsi Kepri melaksanakan pencanangan Gerakan GEN 170 di Sahid Hotel Batam, Rabu (22/12/2021).

Pencanangan yang bertepatan dengan hari Ibu Nasional ini dilaksanakan secara serentak di 34 provinsi Se-Indonesia dan dipimpin langsung oleh Ketua Umum Partai Gelora Indonesia, Anis Matta di Kota Tangerang Selatan.

Kegiatan ini dihadiri oleh peserta dari kalangan ibu-ibu yang sedang hamil, balita dan anak-anak remaja. Sebelum peluncuran Gerakan GEN 170 secara serentak, para peserta mengikuti talkshow bertemakan 'Ibu Sehat, Bayi Hebat' bersama narasumber Ketua DPW Partai Gelora Kepri Abdul Rahman dan Kabid Kesehatan DPW Partai Gelora Kepri dr. Evianora.

Kegiatan diakhiri dengan pembagian bingkisan kepada Ibu hamil yang hadir sebagai dukungan pemenuhan gizi dan nutrisi untuk membentuk generasi masa depan Indonesia yang unggul dan berkualitas.

Gerakan GEN-170 diharapkan bisa menjadi gerakan bersama semua pihak, selain untuk menurunkan tingginya angka kematian ibu (AKI) angka kematian bayi (AKB) dan mencegah terjadinya stunting (kerdil). Selain itu juga untuk mewujudkan anak-anak Indonesia yang cukup dalam gizi dan tumbuh kembang yang ditandai dengan tinggi rata-rata 170 cm.

"Kita melaunching GEN 170 ini sebagai langkah awal menjadikan indonesia 5 besar dunia. Partai Gelora memberikan perhatian khusus dalam pembangunan manusia Indonesia, dan kita ingin memulainya sejak anak-anak dalam kandungan. Kita berharap bayi-bayi yang lahir menjadi generasi yang tangguh dan unggul," ujar Ketua Umum Partai Gelora Indonesia, Anis Matta.

Menurutnya, urusan tumbuh tinggi badan ini tidak hanya dipengaruhi oleh faktor genetika, tetapi juga ilmu pengetahuan telah menunjukkan pertumbuhan tinggi badan bisa direncanakan. Seperti tinggi rata-rata orang jepang dan korea yang kini sudah diatas 170 cm.

"Syaratnya adalah negara harus mengintervensi gizi anak-anak indonesia sejak dalam kandungan," ujarnya.

Ketua DPW Partai Gelora Kepri, Abdul Rahman menyampaikan, acara ini merupakan acara yang kita launching secara nasional serentak di 34 DPW karena ini kita anggap sebuah narasi strategis yang berkaitan dengan masa depan bangsa. GEN 170 ini adalah simbol bahwa model generasi manusia indonesia kedepan adalah kuat fisiknya, cerdas fikiran dan tangguh jiwanya, yang semua itu disimbolkan dengan tingginya 170 cm.

"Ke depan kita akan membangun pos genetika yang akan berkolaborasi dengan pemerintah agar anak-anak terhindar dari stunring dan gizi buruk sehingga mereka berkembang sesuai dengan yang kita harapkan," ujar Abdul Rahman.

"Kita ingin berkolaborasi dengan pemerintah untuk mencegah stunting dan gizi buruk. Kami di partai gelora ini memiliki cara berfikir melihat ke luar untuk membuat sebuah program. itu sebabnya ketika kami melihat angka kematian bayi, kematian ibu, gizi buruk dan stunting yang cukup tinggi, maka kami membuat progam GEN 170 ini untuk mendukung pemerintah menyelesaikannya. Kita akan berkolaborasi dengan elemen lain, bergandengan tangan bersama untuk membantu dan mencegah problematika tersebut," katanya.

Sementara, Sekretaris DPW Partai Gelora Kepri, Agus Purwanto mengungkapkan,
launching gerakan GEN 170 ini bertepatan dengan Hari Ibu yang arahnya adalah untuk membentuk Pos Genetika dan target dalam pencapaian struktur partai.

"Alhamdulilah struktur partai kami dalam dua tahun kerja ini sudah 100 persen di tingkat kecamatan se Kepri. Pos Genetika akan menginduk ke Pengurus di kecamatan, targetnya di tahun 2022 semuanya sudah terbentuk. Nantinya Pos Genetika ini akan konsen pada kesehatan ibu dan bayi," ungkapnya.

"Seiring dengan perkembangan struktur hingga ke tingkat kelurahan, nanti pengurus di kelurahan juga akan membentuk Pos Genetika. Saat ini kita sudah mencapai 23 persen untuk struktur di tingkat kelurahan se Kepri," katanya menambahkan.

Pada kesempatan itu, Ketua DPD Partai Gelora Batam Toto Sumito menyampaikan pada dasarnya Batam adalah kota Industri. Di Batam ini harus melakukan percepatan untuk penghapusan stunting supaya tidak terjadi pada anak khususnya di 1000 hari pertama kelahiran.

"Kita ingin mendorong pemerintah menggerakkan sumber pemenuhan gizi melalui CSR perusahaan sehingga dapat berkontribusi pada pembangunan manusia dan membantu kesehatan serta kehidupan masyarakat," harap Toto.

Editor: Yudha