Revitalisasi Puskesmas Sei Panas, Rudi: Perlu Inovasi untuk Pelayanan Sempurna
Oleh : CR8
Senin | 20-12-2021 | 12:48 WIB
puskesmas-seipanas.jpg
Walikota Batam meresmikan revitalisasi gedung UPT Puskesmas Sei Panas. (Aldy Daeng/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wali Kota Batam, H Muhammad Rudi meresmikan gedung baru UPT Puskesmas Sei Panas, Senin (20/12/2021).

Dalam sambutannya, Rudi menyampaikan, dalam membangun sebuah kota semua sisi harus dimanfaatkan agar Batam bisa menjadi kota modern, termasuk pembangunan Puskesmas.

"Fungsi puskesmas itu sendiri tidak hanya melayani sesuai dengan tupoksi, akan tetapi pelayanan kepada masyarakat harus lebih dari itu. Khusus untuk puskesmas harus berbenah diri dalam segi management dan pelayanan kepada masyarakat," ujar Rudi.

Rudi melanjutkan bahwa tindakan prefentif itu bukan tindakan utama, melainkan menjaga masyarakat tetap sehat atau mencegah masyarakat tidak sakit itu lebih baik, ini tugas pemerintah terkhusus untuk pak camat dan tokoh tokoh masyarakat. Walikota Batam H Muhammad Rudi juga memberikan tekanan kepada kepala UPT Puskesmas Sei Panas dr Anggraini NW, diperlukan sebuah inovasi untuk membuat suatu perubahan, perubahan yang lebih baik serta pelayanan yang sempurna.

"Untuk menjadikan Batam sebagai kota modern, pembangunan harus dilakukan dari semua sisi, termasuk Puskesmas, puskesmas sendiri tidak hanya melayani sesuai Tupoksi tetapi lebih dari itu, kita juga menekankan kepada kepala UPT agar melakukan inovasi, membuat perubahan lebih baik untuk pelayanan yang sempurna kepada masyarakat," ujar Rudi.

Dalam kesempatan ini Walikota Batam juga menyampaikan, bila tidak ada aral melintang bulan desember 2022 akan dibangun rumah sakit bertaraf internasional di Kota Batam, termasuk universitas fakultas khusus kedokteran yang juga bertaraf internasional.

"Jadi masyarakat batam khususnya putra-putri yang ingin menimba ilmu pengetahuan khusus bidang kesehatan tidak perlu lagi ke luar Batam apalagi ke luar negri karena nantinya fakultas tersebut akan dilengkapi dengan peralatan kesehatan yang bertaraf internasional," ujarnya.

Sementara, Kepala UPT Puskesmas Sei Panas dr. Anggraini NW menyampaikan untuk revitalisasi gedung kali ini ialah gedung A, sementara fungsinya tetap sama seperti semula untuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Puskesmas Sei Panas ini kini dalam sistem pelayanannya seduah menggunakan sistem digitalisasi, dimana masyarakat yang datang tidak perlu berulang kali mengisi data saat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, cukup menginput data satukali, selanjutnya hanya menyebutkan tanggal lahir saja. Teramasuk pelayanan posyandu juga sudah menggunakan sistem pencatatan digitalisasi, untuk balita dan ibunya bisa mendaftarkan imunisasi atau mengecek perkembangan anak melalui smartphone," pungkasnya.

Editor: Yudha