Refreshing Brigadir Perbatasan, Divhubinter Polri Kunjungi Polda Kepri
Oleh : Paskalis RH
Jumat | 17-12-2021 | 17:18 WIB
birgadir-perbatasan.jpg
Refreshing Brigadir Perbatasan di Polda Kepulauan Riau (Kepri) TA 2021. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Mabes Polri melaksanakan kunjungan ke Polresta Barelang, Jumat (17/12/2021), dalam Rangka Refreshing Brigadir Perbatasan di Polda Kepulauan Riau (Kepri) TA 2021.

Kunjungan tersebut dipimpin Kabag Lotas Set-NCB Interpol Indonesia Divhubinter Polri, Kombes Pol Ricky Purnama didampingi Karo SDM Polda Kepri, Kombes Pol AB Indrata, Kapolresta Barelang, Kombes Pol Yos Guntur dan Wakapolresta Barelang AKBP Junoto, serta Pejabat Utama (PJU) Polresta Barelang di di Aula Anindhita Lantai 2 Polresta Barelang.

Kombes Ricky Purnama mengatakan, kedatangannya di Polresta Barelang adalah terkait pengelolaan aktivitas batas negara di Kota Batam dana melakukan pembinaan terhadap anggota Polri yang berada di setiap perbatasan negara Republik Indonesia dan negara-negara lain.

"Maksud dan tujuan kegiatan hari ini adalah melihat secara langsung aktivitas di perbatasan serta membuka cakrawala Bintara Remaja tentang Isu Perbatasan," kata Ricky.

Dalam menjaga keamanan di perbatasan, kata dia, Polri bekerjasama dengan instansi terkait sehingga dapat mengedepankan custom Imigrasi Karantina terkait kunjungan maupun aktivitas lintas batas demi memastikan keamanan NKRI.

"Yang harus menjadi perhatian pimpinan untuk Pos PLBN RI-PNG yakni meningkatkan pengamanan serta pengawasan terhadap jalan-jalan tikus yang biasa dilalui untuk mengantisipasi penyelundupan barang-barang terlarang seperti senjata api, narkotika dan yang lainnya," ujarnya.

Setiap kasus yang berhubungan dengan trans internasional, lanjutnya, dinamakan kejahatan lintas batas negara. Ia pun mencontohkan, perdagangan manusia, peredaran gelap narkoba, pencucian uang, pembalakan liar, pencurian ikan merupakan kejahatan lintas negara.

Untuk itu, sambungnya, semua personel Polri yang bertugas di batas negara harus terus meningkatkan profesionalitas dan kemampuan dalam menangani kejahatan transnasional.

Sementara Kapolresta Barelang, Kombes Pol Yos Guntur sangat berterimah kasih dan mengucapkan selamat datang kepada Tim Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Mabes Polri yang telah melakukan kunjungan ke Kota Batam.

Kapolres pun berharap kepada para peserta yang mengikuti kegiatan ini agar bersungguh-sungguh, sehingga dalam penerapannya akan berjalan dengan baik dan benar. "Saya harapkan agar para peserta kegiatan ini mengikuti secara sungguh-sungguh agar dalam implementasinya berjalan sesuai harapan," pungkasnya.

Editor: Gokli