BP Batam Imbau Masyarakat Jaga Daerah Tangkapan Air
Oleh : Nando Sirait
Senin | 30-09-2019 | 17:40 WIB
Dam-Duriangkang-menyusut1.jpg
DAM Duriangkang menyusut. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam mengimbau warga Batam untuk menjaga kawasan daerah tangkapan air yang ada saat ini.

Kepala Kantor Pengelolaan Air dan Limbah Binsar Tambunan menyatakan, ketersedian air bersih menjadi sangat penting. Oleh karena itu, menjaga DTA dianggap sangat penting dan tanpa adanya hal tersebut akan menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat di Kota Batam.

"Saya juga mengimbau kepada warga Batam untuk sama-sama menjaga DTA dan waduk. Sehingga keberlangsungan waduk dan kualitas air bersih bisa terjaga dan memenuhi kebutuhan hajat hidup masyarakat Batam," jelasnya, Senin (30/9/2019).

Dalam kesempatan ini, Binsar juga menyatakan bahwa pemenuhan kebutuhan air bagi masyarakat juga tercantum dalam Undang-Undang Sumber Daya Air baru saja disahkan. Dimana salah satu pasal yang paling penting di dalamnya adalah perhatian serius atas Air.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Adhya Tirta Batam (ATB) Benny Andrianto memperkirakan sumber air baku di Batam akan mengalami defisit pada 2021 mendatang.

Hal ini disebabkan, kondisi DTA yang telah rusak oleh adanya aksi-aksi ilegal yang dilakukan oleh oknum masyarakat. Untuk itu, masyarakat diajak menjaga dan mendukung ketersediaan air bersih di Batam. Dimana, aktivitas ilegal ini air memperparah ketersediaan air.

Editor: Yudha