Merupakan Kavling Percontohan

CV LPK Siap Bantu Atap Baru Rumah Warga Piayu yang Diterjang Angin Puting Beliung
Oleh : Romi Chandra
Sabtu | 10-03-2018 | 13:14 WIB
atap-51.jpg
Seperti inilah kondisi atap rumah warga di Tanjungpiayu pasca diterjang angin puting beliung, Sabtu pagi. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Perumahan Kavling Siap Bangun (KSB) Mangsang Indah, Kelurahan Mangsang, Kecamatan Seibeduk, merupakan kavling percontohan sebagai rumah murah.

Sebab, pembangunan rumah di kawasan tersebut bukan melalui developer, malainkan melalui fasilitator CV Langean Putra Kinasih.

Pihak dari CV, Sarwoji, mengatakan, warga yang tinggal di lokasi tersebut merupakan masuarakat gusuran di kawasan Mangsang. Kemudian BP Batam memberikan kavling di lokasi untuk dibangun.

Namun, dikarenakam masyarakat yang mendapat kavling merupakan golongan kurang mampu, sehingga tidak bisa membangun.

Agar masyarakat bisa memiliki rumah, kemudian CV Langean Putra Kinasih memfasilitasi masyarakat agar mendapat rumah yang layak dengan melanjutkan KPR ke bank.

"Kita berkoordinasi dengan BP Batam agar masyarakat bisa memfasilitasi masyarakat memiliki rumah, sehingga bisa di KPR ke Bank BPR Dana Nusantara dengan harga sekitar Rp 70 jutaan," jelas Sarwoji.

Ia juga menegaskan, perumahan ini tidak memiliki developer. "Tanah yang di sini milik warga, makanya tidak ada developer. Melainkan fasilitator yang membantu agar warga bisa memiliki rumah. Daerah ini menjadi KSB percontohan," terangnya.

Ditambahkan, pihaknya akan membantu warga yang terkena musibah dengan menyediakan atap baru. "Kita dari CV akan membantu atap. Dari pemerintah kita kurang tahu bantuannya seperti apa," pungkas Sarwoji.

Editor: Yudha