Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Operasi Patuh Seligi 2018

Kesadaran Berlalu Lintas di Batuaji Rendah, Banyak Kendaraan Terobos Lampu Merah
Oleh : Yosri Nofriadi
Sabtu | 28-04-2018 | 13:28 WIB
motor-hasil-razia1.jpg Honda-Batam
Sejumlah sepeda motor yang terjaring razia karena melanggar rambu lalu lintas. (Foto: Yosri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jajaran Polsek Batuaji melaksanakan Operasi Patuh Seligi 2018 di Jalan Brigjen Katamso, Tanjunguncang, Batuaji, Sabtu (28/4/2018).

Dalam razia itu sedikitnya 11 unit kendaraan roda dua terjaring karena tak mengenakan helm dan juga tidak melengkapi surat kendaraan yang ada.

Kapolsek Batuaji Kompol Saffrudin Dalimunthe mengatakan, tujuan Oparasi Patuh Seligi adalah upaya untuk menciptakan situasi lalu lintas yang lancar, aman dan tertib khususnya di wilayah Batuaji. Sehingga keselamatan berlalu lintas oleh pengguna jalan di wilayah Batuaji bisa tercipta.

"Dalam Operasi Patuh ini kita belum mengedepankan tindakan tilang. Kita harus juga melihat kondisi masyarakat apabila bisa diberikan toleransi atau teguran akan kita berikan teguran terlebih dahulu," ujarnya.

Menurut Syaffrudin, kesadaran pengendara di wilayah Batuaji untuk menaati aturan berlalu lintas tergolong rendah. Masih banyak pengendara motor yang masih tidak mengunakan helm. Begitu juga dengan angkot yang sering ugal ugalan dan menerobos lampu merah, membuat jalan raya rawan kecelakaan.

"Ada berbagai macam pelanggaran yang dilakukan, mulai dari menerobos lampu lalu lintas, tidak memakai helm, hingga melawan arus jalan," ujarnya lagi.

Untuk itu Syaffrudin berharap bagi pengendara sepeda motor agar memakai helm dan melengkapi kelengkapan kendaraan mereka, selain menaati aturan lalu lintas, tentunya dengan memakai helm dan melengkapi kendaraan mereka dapat menyelamatkan diri ketika terjadinya kecelakaan di jalan raya.

"Setidaknya kalau mau pergi memakai helm lah. Ini kan untuk keselamatan kita juga," ujar Kapolsek.

Editor: Yudha