Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BPOM Kepri Tarik Produk Sarden Mengandung Cacing Pita dari Gudang Importir
Oleh : Nando Sirait
Rabu | 21-03-2018 | 14:50 WIB
bpom-importir1.jpg Honda-Batam
BPOM sedang meneliti produk sarden di gudang importir. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kepulauan Riau menarik dan mengamankan produk ikan sarden 'cacingan' atau mengandung cacing pita dari importirnya langsung yang berada di Batam, Rabu (21/3/2018).

"Benar mas, saat ini untuk di Batam kami melakukan penarikan produk makanan kaleng terutama untuk produk ikan sarden kalengan," ujar Kepala BPOM Kepri di Batam, Josef Dwi Irwan, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Rabu (21/03/2018) siang.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan sesuai instruksi BPOM Pusat atas temuan cacing pita yang sudah menghebohkan masyarakat sejak pekan lalu.

"Karena seluruh importir makanan kemasan itu ada di Batam, makanya kegiatan itu sudah kami lakukan sejak pagi tadi. Kami menargetkan kegiatan langsung ke pihak importir, dan tadi tidak banyak petugas yang turun mas cuma satu grup saja," lanjutnya.

Yosef menerangkan, tidak hanya menyasar importir untuk ikan sarden merk Farmerjack saja, tetapi juga menargetkan dua produk ikan sarden yang disinyalir mengandung parasit lainnya.

"Ketiga merk tersebut adalah merk IO dengan importir PT Mexindo Mitra Perkasa, merk HOKI dengan importir PT Interfood Sukses Jasindo dan merk Farmerjack dengan importir PT Prima Niaga Indomas," paparnya.

Editor: Yudha