Wali Kota Tanjungpinang Apresiasi Sukses Even TM 10 K
Oleh : Habibi Khasim
Selasa | 03-10-2017 | 08:00 WIB
Lis-Darmansyah-oke3.gif
Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tanjungpinang dinilai suskses menyelenggarakam kegiatan Tanjungpinang Marathon 10 K Minggu, 1 Oktober 2017 lalu di pelataran Gedung Gonggong Tanjungpinang. Itu terbukti dari besarnya antusiasme masyarakat mengikuti perhelatan perdana tersebut.

Untuk itu, Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah meminta seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang berkaitan dengan kepariwisataan agar semakin kreatif memikirkan iven yang bisa menarik banyak wisatawan ke Tannungpinang.

Lis mengatakan, sebenarnya kegiatan TM 10 K dikhususkan untuk masyarakat di Tanjungpinang dan Kepulauan Riau umumnya. Tidak disangka, melihat postingan kegiatan ini di media sosial, banyak sekali atlet marathon dari luar Kepulauan Riau yang datang ke Tanjungpinang. Seperti Jakarta, Kalimantan, Sumatera dan Medan, menurunkan ratusan atlet untuk mengikuti perlombaan marathon tersebut.

"Memang tidak diduga, banyak sekali wisatawan lokal yang datang. Ini tentunya menjadi penilaian buat saya pribadi, bahwa kegiatan seperti ini harus terus dilakukan. Kalau bisa menjadi agenda tahunan. Dan untuk yang para OPD kita harapkan bisa lebih kreatif lagi memikirkan iven yang bisa menarik banyak wisatawan seperti ini," kata Lis saat diwawancarai.

Lis berandai-andai, jika kegiatan ini dilakukan setiap tahun di Tanjungpinang, dibuat lebih besar lagi, bukan tidak mungkin banyak juga wisatawan asing yang datang. Untuk itu, kegiatan TM 10k kata Lis akan menjadi pelajaran dan akam dievaluasi kembali segala kekurangannya.

"Agar kita lebih siap melakukan kegiatan ini untuk di iven yang lebih besar. Segala sesuatu dipersiapkan dengan matang, dan kita harap antusias masyarakat akan semakin besar jika kegiatan ini dilakukan setiap tahun," tutur Lis.

Untuk diketahui, Dispora merancang lomba Tanjungpinang marathon 10K menjadi dua kategori, yaitu kategori umum dan pelajar. Total hadiah yang disediakan sebesar Rp. 108.400.000. Untuk pemenang pertama Rp 10.500.000, pemenang kedua, Rp 7.350.000, dan pemenang ketiga Rp 5.250.000, ditambah piala dan tabungan Rp 500 ribu dari Bank BTN.

Sedangkan untuk harapan satu mendapat hadiah sebesar, Rp 1. 750.000, harapan II Rp 1. 250.000, harapan ke tiga sampai ke enam sebesar Rp 1.000.000. Selain itu juga para peserta yang beruntung mendapatkan hadiah doorprize, seperti TV, rice cooker dan hadiah menarik lainnya.

"Ke depan, bukan tidak mungkin hadiah akan lebih besar. Tentunya akan kita upayakan dan akan kita tingkatkan terus," tutur Lis.

Editor: Dardani