Kapolresta Tanjungpinang Pimpin Apel Pasukan Ops Ketupat Seligi 2023
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 18-04-2023 | 08:48 WIB
A-NAIK-PANGKAT-PINANG_jpg21.jpg
Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol. H. Ompusunggu, S.I.K., M.Si . (Foto: Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol. H. Ompusunggu, S.I.K., M.Si memimpin apel pasukan Operasi Ketupat Seligi 2023 di Mapolresta Tanjungpinang, Senin (17/4/2023).

Kapolresta Tanjungpinang membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, terutama berbagai langkah dalam Operasi Ketupat Seligi tahun 2023, diharapkan mampu berjalan dengan baik. Sehingga, Polri dapat memastikan kelancaran hari raya Idul Fitri 1444 H, serta mewujudkan 'Mudik yang Aman dan Berkesan' begitu pula pada saat arus balik.

Kapolri juga berpesan, demi kelancaran arus mudik dan balik maka dilakukan pembatasan operasional angkutan barang, terdapat klasifikasi angkutan yang masih diizinkan beroperasi. Seperti kendaraan pengangkut BBM, hantaran uang, hewan ternak, pupuk dan bapokting.

"Pastikan kendaraan-kendaraan tersebut dilengkapi surat muatan yang ditempelkan pada kaca kendaraan sebelah kiri, sehingga mempermudah proses pemeriksaan," pesan Kapolri melalui Kapolresta Tanjungpinang.

Kapolri mengingatkan, apabila masih ditemukan kendaraan angkutan barang yang masih beroperasi di luar ketentuan, maka segera lakukan penindakan. Pada pelaksanaan Ops Ketupat tahun ini masyarakat perlu lebih berhati-hati.

"Saya juga berpesan agar rekan-rekan senantiasa menjaga kesehatan dan terus meningkatkan keimanan, serta ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah," imbuh Kapolri dalam amanatnya.

Di akhir amanatnya, Kapolri kembali menekankan untuk dipedomani dan dilaksanakan dengan baik. Pertama, laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri pada saat melakukan pengamanan dalam operasi Ketupat-2023. Selanjutnya, ke depankan langkah-langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani SOP, agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan 'Presisi” sebagaimana harapan masyarakat.

Berikutnya, pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu. Kemudian, berbagai langkah-langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik.

Lalu, pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat. Dan terakhir perkuat sinergitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait.

Dalam kesempatan tersebut, Ompusunggu juga menyampaikan kesiapan Polresta Tanjungpinang dalam mendukung pelaksanaan Ops Ketupat Seligi 2023 Polresta Tanjungpinang. Dengan mengerahkan sebanyak 172 personel Ops Ketupat yaitu 112 pers Polresta Tanjungpinang dan 60 pers Instansi Terkait, yang terdiri dari 24 pers Perangkat Ops, 36 pers Satgas Ops, 52 pers Pos Pam/ Terpadu, lalu 60 pers Instansi Terkait yang terlibat dalam Pos Pam dan Pos Terpadu terdiri dari 12 pers Satpol PP, 12 Pers Dishub, 12 Pers Dinkes, 12 Pers Sinkom, 12 Pers TNI.

"Sebagaimana arahan dari Bapak Kapolri, kita perkuat sinergitas dan solidaritas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait. Agar dapat mewujudkan situasi dan kondisi Kamtibmas yang aman, kondusif dan terkendali pada saat paska Idul Fitri 1444 H. Karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan Operasi Ketupat Seligi 2023," kata Kapolresta Tanjungpinang mengingatkan.

Upacara Apel Pasukan Ops Ketupat Seligi Tahun 2023, dihadiri Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP., M.M, Dandim 0315/TPI, Kolonel Inf Tommy Anderson, S.Ip, M.Si, Dansatmar Koarmada I Kolonel Mar Moh Maftukin, S.H, Danpom Koarmada I Letkol Laut PM Didik Wahyudi, M.Tr Hanla, M.M, Danlanud R.H.F diwakilkan Kasi Basiops Kapten HS.Situmorang, Kepala Kejari Kota Tanjungpinang Lanna Hany Wanike Pasaribu, S.H., M.H, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang diwakilkan Anggota DPRD Kota Tanjungpinang Agus Djurianto.

Hadir juga Ketua Harian LAM Kota Tanjungpinang Datuk Wan Rafiwar, Ketua FKUB Kota Tanjungpinang Hj.Supeno, Ketua Satpol PP Kota Tanjungpinang diwakilkan dengan Kabid TRANTIB Yacub, Ketua BPBD kota Tanjungpinang Muhammad Yamin, Kepala Dishub Kota Tanjungpinang PLT Kadishub Augus Raja Unggul, dan PJU Polresta Tanjungpinang.

Editor: Dardani