Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Semarak HBA ke-64 dan HUT IAD XXIV, Kejari Batam Gelar Lomba Senam Kreasi
Oleh : Paskalis RH
Sabtu | 20-07-2024 | 10:26 WIB
senam-kreasi.jpg Honda-Batam
Tim dari Bidang Pidana Umum, saat mengikuti Lomba Senam Kreasi di Aula Kejari Batam, Sabtu (20/7/2024). (Foto: Paschall RH).

BATAMTODAY.COM, Batam - Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam menggelar lomba senam kreasi dan jalan sehat, untuk menyemarakan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) XXIV tahun 2024, Sabtu (20/7/2024).

Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Batam, Tiyan Andesta, menyampaikan jalan santai dan lomba senam kreasi merupakan rangkaian kegiatan memeriahkan HBA ke-64 yang jatuh pada 22 Juli 2024 mendatang.

"Untuk tahun ini, peringatan HBA ke-64 di Kejari Batam dilakukan secara sederhana sebagaimana yang telah diamanatkan Jaksa Agung RI, ST Burhanuddin. Walau sederhana, namun tidak mengurangi makna dan kehikmadannya," kata Tiyan, sapaan akrab Kasi Intel Kejari Batam.

Meski sederhana, kata Tiyan, lomba senam kreasi dan jalan sehat memiliki tujuan untuk menyehatkan dan memberikan semangat kepada seluruh insan Adhyaksa di lingkungan Kejari Batam.

Tiyan menambahkan, selain untuk kesehatan, kegiatan jalan santai dan lomba senam dilakukan untuk membangun rasa persaudaran antara jajaran berserta keluarga, juga menghindari kegiatan yang sifatnya hura-hura dan pemborosan.

"Perhelatan lomba senam kreasi dan jalan santai merupakan suatu kekuatan untuk menyatukan perbedaan dan mempererat kekompakan, sehingga dapat dimanfaatkan oleh segenap jajaran kejaksaan untuk meningkatkan pengabdian dan pelayanan publik guna mewujudkan kepercayaan masyarakat (Public Trust)," ujarnya.

Khusus lomba senam kreasi, peserta lomba berasal dari masing-masing bidang satuan kerja (Satker), di antaranya bidang Pidana Umum, Pidana Khusus, Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun), Intelejen serta Pengawasan, Pembinaan dan Ikatan Adhyaksa Darmakarini (IAD).

"Lomba ini sebagai ajang silaturahmi antar sesama pegawai. Perlombaan ini digelar untuk meningkatkan kreatifitas dan keakraban antar pegawai di Kejari Batam. Hal terpenting adalah rasa kebersamaan antar seluruh pegawai, bukan menjadi untuk meraih juara," tuturnya.

Selain dua rangkaian kegiatan ini, ada sejumlah kegiatan yang terlebih dahulu digelar sebagai rangkaian dari peringatan HBA ke-64, antara lain Pertandingan Playstation, Domino (Gaplek), pertandingan Tenis Meja Putra dan Putri serta kegiatan sosial lainnya. "Untuk hari ini, cuma dua rangkaian kegiatan yang kami laksanakan. Sebab, rangkaian kegiatan Bhakti Sosial berupa Donor darah, Sunatan Massal dan pemberian tali asih ke panti jompo dan Anjangsana serta pertandingan Domino telah dilaksanakan terlebih dahulu," lanjut Tiyan.

Dengan adanya momentum HBA tahun ini, Tiyan pun berharap langkah penegakan hukum kedepannya yang dilaksanakan Kejari Batam tetap berjalan dengan baik dan lancar serta dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Kejaksaan sehingga menjadi lembaga yang kredibel.

Seperti yang kita ketahui bersama, terangnya, institusi Kejaksaan merupakan salah satu titik sentral dari penegakan hukum di Indonesia. Oleh sebab itu, institusi Kejaksaan harus mampu menghasilkan produk hukum yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Selanjutanya, puncak peringatan HBA ke-64 akan dilakukan secara serentak pada 22 Juli 2023 mendatang. "Puncak acara akan dilakukan upacara peringatan. Setelah itu dilanjutkan dengan acara syukuran dan rama tamah. Semoga ke depan kami semakin dikuatkan, semakin jaya dan solid, serta semakin profesional," pungkasnya.

Editor: Gokli