Begini Trik Tim Medis di Kepri dalam Menangani Pasien Positif Covid-19
Oleh : Syajarul Rusydi
Rabu | 13-05-2020 | 12:36 WIB
pasien11.jpg
Para pasien covid-19 di Kota Batam yang sudah dinyatakan sembuh. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dalam beberapa pekan ini, jumlah pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh mengalami peningkatan yang signifikan di sejumlah daerah di Provinsi Kepri.

Untuk itu, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri pun tak segan-segan membeberkan langkah yang diambil dalam menangani pasien Covid-19.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tjetjep Yudiana mengungkapkan, dalam menangangani pasien positif, ada beberapa trik atau langkah yang di terapkan selama ini. Seperti mengobati gejalanya, dan pemeriksaan berkala secara komprehenship.

"Memberika makanan bergizi, yang menunya langsung ditetapkan oleh ahli gizi. Tak lupa komunikasi efektif antar tim medis dengan pasien," ungkap Tjetjep, Rabu (13/5/2020).

Semua protap, kata Tjetjep, tatalaksana mempedomani juknis, pelayanan Covid-19 tidak hanya dilakukan oleh rumah sakit rujukan saja, tapi juga melibatkan semua rumah sakit. Dengan Skep Gubernur, sehingga contack rate antara pasien dengan tim medis frekuensinya cukup baik.

"Keberadaan rumah sakit Infeksi Covid-19, juga sangat membantu tingginya tingkat kesembuhan, dari 29 kasus positif yang diobservasi di RS Galang, hari ini 28 dinyatakan sembuh. Tinggal menyisakan satu kasus menunggu hasil lab, pasien saat ini dalam keadaan sehat," kata Tjetjep.

Selebihnya informasi dapat diperoleh dari pasien-pasien yang sudah dinyatakan sembuh. Sudah pasti berbeda satu sama lainnya.

Editor: Dardani