Pembangunan Markas Utama Kogabwilhan I di Dompak Diundur
Oleh : Putra Gema
Senin | 04-05-2020 | 18:36 WIB
resmikan-makogabwilhan-I.jpg
Plt Gubernur Kepri, H Isdianto bersama Kaskogabwilhan I, Mayjen TNI Richard Tampubolon, Plt Wako Tanjungpinang dan pejabat TNI-Polri se-Pulau Bintan, Senin (4/5/2020) foto bareng di depan Makogabwilhan I. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Markas utama Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I di Dompak, Tanjungpinang Kepulauan Riau akan mulai dibangun setelah pandemi Covid-19 selesai.

Kaskogabwilhan I, Mayjen TNI Richard Tampubolon ketika ditemui di Tanjungpinang mengatakan, rencana pembangunan markas utama yang berlokasi di Dompak akan diundur hingga waktu yang belum bisa ditentukan.

Hal tersebut diungkapkannya karena saat ini Kogabwilhan I sedang fokus melakukan penanganan Covid-19 (Corona Virus) di wilayah Indonesia bagian Barat. "Sebetulnya pada awal Februari 2020 lalu sudah kita rencanakan akan peletakan batu pertama di Dompak, namun karena pandemi ini maka kami undur dan fokus menyelesaikan permasalahan ini," kata Richard, Senin (4/5/2020).

Ia pun mengungkapkan, dengan didirikannya kantor Kogabwilhan I di Kepulauan Riau ini dapat melakukan pengamanan Indonesia bagian Barat secara maksimal. "Kami atas nama Kogabwilhan I mohon izin bergabung di Kepri dan mohon doa restu agar kami dapat melaksanakan tugas dengan baik," tegasnya.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto beserta rombongan tiba di Kelurahan Dompak, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau untuk meninjau langsung lokasi yang akan dibangun Kantor Utama Kogabwilhan I pada Senin (25/11/2019).

Menurutnya, lokasi di Tanjungpinang sangat strategis karena langsung menghadap ke laut dan di wilayah ini juga dilewati Alur Laut Kepulauan Indonesia (Alki-1).

Rencana pembangunan Markas Kogabwilhan I sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 62 tahun 2016. Sedangkan pembentukan Kogabwilhan didasarkan Keputusan Presiden nomor 27 tahun 2019.

Penempatan pasukan Kogabwilhan I, poskonya akan ditempatkan di Tanjungpinang dan satuan-satuannya berada di wilayah yang tersebar seperti Kodam I, Armada I dan Koops I.

Selain itu, pentingnya penempatan Markas Kogabwilahan I di Tanjungpinang, Kepulauan Riau karena wilayah ini berada di tengah-tengah, bisa ke Sabang, ke Ranai atau ke Jakarta. Cakupan wilayah tersebut mudah. Serta sudah dilengkapi dermaga, dan pangkalan udara.

Editor: Gokli