Sore Ini, Kantor Makogabwilhan I di Batu 3 Tanjungpinang Diresmikan
Oleh : Putra Gema
Senin | 04-05-2020 | 16:20 WIB
mako-gab-I.jpg
Sejumlah pejabat di Kepri jelang peresmian Kantor Makogabwilhan I di Batu 3 Tanjungpinang, Senin (4/5/2020). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I akan diresmikan di Tanjungpinang, sore ini, Senin (4/5/2020).

Pantauan di lokasi, beberapa pejabat tinggi TNI wilayah Kepulauan Riau telah berada di Mako Kogabwilhan I yang berlokasi di Batu 3 Kelurahan Tanjungpinang Timur, Kecamatan Bukit Bestari.

Tidak hanya itu, terlihat Plt Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto dan juga Plt Wali Kota Tanjungpinang, Rahma turut hadir dalam acara peresmian ini.

Nantinya, peresmian Mako Kogabwilhan I Tanjungpinang yang dijadwalkan berlangsung pada pukul 16.30 diwakilkan Kaskogabwilhan I, Mayjen TNI Richard.

Diwakilkannya peresmian ini dikarenakan Pangkogabwilhan I Laksdya Yudo Margono sedang melakukan pertemuan dengan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Kogabwilhan I ini merupakan komando utama operasi Markas Besar Tentara Nasional Indonesia. Satuan baru ini diketahui langsung berada di bawah komando Panglima TNI.

Fungsi dan peran Kogabwilhan ini nantinya akan mengintegrasikan berbagai pangkalan TNI seperti, di darat bagian Sumatera, DKI, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Wilayah laut meliputi wilayah perairan sekitar Sumatera, DKI, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan ALKI-1 beserta perairan sekitarnya. Sementara wilayah udara akan meliputi wilayah Sumatera, DKI, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan ALKI-1 beserta perairan sekitarnya.

Editor: Gokli