Gubernur Kepri Sampaikan Nota Keuangan RAPBD 2019
Oleh : Ismail
Kamis | 22-11-2018 | 17:16 WIB
nurdin-sampaikan-nota1.jpg
Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun menyampaikan Nota Keuangan RAPBD 2019 melalui rapat paripurna yang digelar di gedung DPRD Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Kamis (22/11/2018).

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H. Nurdin Basirun menyampaikan Nota Keuangan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD 2019 melalui rapat paripurna yang digelar di gedung DPRD Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Kamis (22/11/2018).

Di hadapan peserta rapat, Gubernur Nurdin menyampaikan, pada 2019 mendatang APBD Kepri direncanakam sebesar Rp 3,659 trillun. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar Rp 421,278 miliar dibanding APBD Perubahan 2018 yang hanya sebesar Rp 3,238 triliun.

Secara umum, total APBD 2019 untuk masing-masing kebijakan pendapatan sebesar Rp 3,629 triliun. Lalu, belanja daerah direncanakan Rp 3,659 triliun.

"Belanja tersebut dialokasikan berdasarkan prioritas pembangunan melalui program masing-masing OPD untuk mendukung arah kebijakan pembangunan nasional," ujarnya.

Kemudian, lanjut Nurdin, penyusunan RAPBD 2019 juga turut dihitung estimasi pembiayaan daerah sebesar Rp 30 miliar yang merupakan penerimaan Silpa dari tahun sebelumnya.

Ia juga menambahkan, masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, Pemprov Kepri telah menetapkan prioritas pembangunan pada 2019 mendatang. Diantaranya, peningkatan kualitas pendidikan, pengembangan ekonomi kerakyatan, pengembangan pusat kebudayaan melayu, pengembangan infrastruktur, dan pengembangan tata kelola pemerintahan yang akuntabel.

"Kelima prioritas tersebut dijadikan sebagai acuan dalam penyusunan berbagai macam program yang diharapkan berfungsi dengan baik," sebut Nurdin.

Sementara itu, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak dalam sambutannya mengatakan, dengan disampaikannya nota keuangan ini maka selanjutnya akan dilanjutkan dengan paripurna pandangan fraksi terhadapa Ranperda RAPBD 2019.

Selain itu, dirinya juga berharap dengan peningkatan APBD tahun ini bisa lebih menggairahkan kerja jajaran Pemerintah Provinsi Kepri, terutama membangun infrastruktur yang akan berefek pada peningkatan laju pertumbuhan ekonomi.

Editor: Dardani