Prajurit Lanud RHF Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H
Oleh : Roland Aritonang
Kamis | 22-11-2018 | 17:04 WIB
maulid-rhf1.jpg
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H di Lanud RHF Tanjungpinang. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pangkalan Utama TNI AU (Lanud) Raja Haji Fisabilillah menggelar pelaksanaan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1440 H yang diselenggarakan di Masjid Al Ikhlas Lanud Raja Haji Fisabilillah, Kamis (22/11/2018).

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini mengangkat tema Jadikan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW 1440H/2018M, Sebagai Suri Teladan bagi Prajurit dan PNS TNI yang Berjiwa Kesatria, Militan, Loyal, Professional, Modern, dan Manunggal dengan Rakyat.

Komandan Lanud RHF Kolonel Pnb M. Dadan Gunawan mengatakan kegiatan yang ini diikuti sebanyak 73 personel Lanud RHF tersebut diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al Qur'an oleh Riki Saputra, Pelajar SMK 4 Kota Tanjungpinang dan dilanjutkan tausiyah Ketua Dewan Dakwah Islamiah, Ustadz H. Dedy Sanjaya.

"Bahwa makna peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah menyegarkan kembali ingatan akan ajaran Nabi Muhammad SAW," katanya.

Ia menyampaikan peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW adalah sebagi bentuk mengenang atau mengingat kembali sejarah diutusnya Nabi Muhammad SAW ke muka bumi untuk mengemban visi, sebagai Rohmatan Lil Alamin, dan juga mengingat sejarah kehidupan beliau yang agung dan patut diteladani oleh umatnya.

Dadan menjelaskan bahwa hal tersebut tidak hanya sekedar diingat saja, namun harus mencontoh dan menerapkan keteladanan Nabi Muhammad SAW, baik ditinjau dari sisi individu kehidupannya yang sholeh maupun dari sisi amanah dan ajaran agama yang dibawa beliau.

"Peringatan ini harus benar-benar dapat memberikan makna dalam kehidupan sehari-hari dengan meneladani sikap dan kepribadian yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW sehingga mampu menggugah nurani setiap personel khususnya yang beragama muslim untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT," lanjutnya.

Ditempat yang sama, Ketua Dewan Dakwah Islamiah, Ustadz H. Dedy Sanjaya, Lc memberikan tausiyah, mengatakan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini harus diambil hikmahnya dan diterapkan di kehidupan sehari-hari, terutama dalam kehidupan prajurit.

"Dari kepribadian dan sifat-sifat Nabi Muhammad SAW harus dapat kita tiru dan kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, seperti sifat jujur, baik hati, pemalu, lemah lembut, rendah hati, sederhana memaafkan, penuh kasih sayang, selalu tersenyum dan selalu memberikan petunjuk," tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut juga turut mengundang pengurus PIA Ardhya Garini Cabang 13/D1 Lanud Raja Haji Fisabilillah, serta Perhimpunan Purnawirawan Angkatan Udara (PPAU) Tanjungpinang.

Editor: Yudha